Stories - 12 June 2023

Messi dan Ronaldo Masih Kalah dari Mbappe Dalam Hal Ini

Messi dan Ronaldo dikalahkan Mbappe dalam pendapatan dari lapangan sepak bola.


Lionel Messi tampil bersama timnas Argentina di Piala Dunia 2022 - FIFA

Context.id, JAKARTA - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih memuncaki daftar atlet dengan bayaran termahal di dunia, versi Forbes.

Namun, siapa sangka dalam urusan pendapatan dari lapangan sepak bola, kedua superstar ini dilampaui oleh Kylian Mbappe.

Dalam datar yang dirilis Forbes, bertajuk "The World's Highest-Paid Athletes'" pada pertengahan Mei 2023, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berada pada urutan pertama dan kedua.

BACA JUGA     Elon Musk Kembali Puncaki Daftar Orang Terkaya di Dunia

Keduanya mengalahkan jumlah pendapatan 48 olahragawan beken dunia dari berbagai cabang olahraga antara lain atlet bola basket LeBron James, Stephen Curry dan Kevin Durant, serta petenis tenar, Roger Federer.

Ronaldo memiliki pendapatan senilai US$136 juta atau setara Rp2,02 triliun (kurs Rp14.875/US$) setahun. Messi menghasilkan US$130 juta atau Rp1,93 triliun dalam setahun.

Kylian Mbappe berada pada urutan ketiga dalam daftar tersebut dengan pendapatan tahunan mencapai US$120 juta atau sekitar Rp1,78 triliun.

 

 

Messi dan Cristiano Kalah dari Mbappe

 

Namun bila diperinci, Mbappe yang baru berusia 25 tahun itu menghasilkan pendapatan dari dalam lapangan sepak bola (on the field) yang lebih tinggi ketimbang dua seniornya.

Pemain Paris Saint-Germain itu menghasilkan US$100 juta atau sekitar Rp1,49 triliun dari aktivitas di sepak bola yang meliputi gaji, bonus, dan hadiah dari turnamen atau liga.

Selebihnya atau US$20 juta (Rp297,51 miliar) pendapatan pemain internasional Prancis ini bersumber dari luar lapangan (off the field) antara lain dari sponsor, penampilan iklan, lisensi dan memorabilia serta berbagai bisnis lainnya.

Cristiano Ronaldo dalam setahun terakhir menghasilkan US$46 juta atau sekitar Rp684 miliar dari aktivitas sepak bola, sedangkan selebihnya atau mayoritas, US$90 juta (Rp1,34 triliun) berasal dari luar lapangan.

BACA JUGA     Profil Low Tuck Kwong, Orang Terkaya ke-3 di Indonesia

Pesepakbola berusia 38 tahun ini pada Januari 2023 memutuskan untuk meninggalkan Manchester United dan Liga Premier Inggris untuk bergabung dengan ke klub sepak bola Arab Saudi, Al Nassr. Di klub baru ini, dia mendapatkan kenaikkan gaji tahunan.

Selain itu, Ronaldo memiliki potensi besar dalam dunia pemasaran. Ronaldo memiliki basis penggemar yang mencapai 850 juta pengikut di Facebook, Instagram, dan Twitter atau lebih banyak dari atlet mana pun di dunia. Binance, pasar kripto terbesar di dunia, juga telah menjadi sponsor baru untuk Ronaldo.

Dengan penghasilan luar lapangan sebesar itu, Forbes mencatat hanya tiga atlet dalam sejarah yang melampaui Ronaldo yakni Roger Federer, Tiger Woods, dan Conor McGregor.

BACA JUGA    Tadashi Yanai dan Transformasi Toko Warisan Jadi Uniqlo

Sementara itu, Messi yang baru saja memutuskan pindah dari PSG di Prancis ke Amerika Serikat dengan bermain untuk Inter Miami dilaporkan memiliki US$65 juta atau Rp966,91 miliar dari dalam lapangan sepak bola. 

Dengan nominal yang sama, pemain Argentina berusia 35 tahun itu menghasilkan pendapatan dari aktivitas di luar sepak bola. Messi tercatat menjadi brand ambassador untuk produk Adidas, Budweiser, dan PepsiCo. 

Selain itu, Messi baru saja bersepakat dengan Socios, platform blockchain, yang membayarnya sekitar US$20 juta per tahun. Messi juga telah meluncurkan perusahaan investasi bernama Play Time pada bulan Oktober tahun lalu.


Penulis : Oktaviano Donald

Editor   : Oktaviano Donald

MORE  STORIES

Infrastruktur Pendukung F1 Powerboat Siap Digunakan

Wisatawan yang kebetulan berkunjung dipastikan turut menikmati ajang balap itu

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Melalui 4 Pilar ini Kanker Serviks Dapat Dicegah

Indonesia menduduki peringkat keempat pada angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks

Context.id | 27-02-2024

Ini 10 Bahan Alami Untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin dalam sel darah merah sangat penting dan sangat vital bagi tubuh manusia.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Mobil Listrik Terus Diguyur Insentif

Pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024