Stories - 25 April 2022

Kilang Minyak Ilegal Nigeria Terbakar, 100 Orang Tewas

Ledakan kilang minyak ilegal di Nigeria tewaskan lebih dari 100 orang, Minggu (24/4/2022). Jumlah korban diperkirakan masih bisa bertambah.


Kepulan asap dari operasi kilang minyak ilegal di Goi, Nigeria, Jumat (31/01/2020). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Ledakan kilang minyak ilegal di Nigeria tewaskan lebih dari 100 orang penduduk dan pekerja, Minggu (24/4/2022). Jumlah korban bahkan diperkirakan masih bisa bertambah.

“Kebakaran terjadi di sebuah situs bunkering ilegal dan mengakibatkan lebih dari 100 orang terbakar hingga tak dapat dikenali,” ujar komisaris negara bagian untuk sumber daya minyak, Goodluck Opiah, Sabtu (23/4/2022)

Pemerintah Nigeria sampai saat ini ini masih menyelidiki penyebab ledakan. Namun, ledakan diduga karena proses pemurnian minyak mentah yang melibatkan perebusan dengan api.

Tak lama setelah insiden ledakan, ada pemandangan yang miris terjadi. Dilansir dari Al Jazeera, Pusat Advokasi Pemuda dan Lingkungan mengatakan, beberapa kendaraan malah mengantre membeli bahan bakar ilegal yang terbakar dalam ledakan.

Operasi penyulingan minyak ilegal ini sudah menjadi masalah tersendiri di Nigeria. Dilansir dari DW, sebanyak 200.000 minyak mentah atau hampir 10 persen dari produksi dicuri dan disuling setiap harinya. Pencuri akan merusak jaringan pipa, mencuri minyak mentah yang disaring, lalu dijual di pasar gelap.

Banyaknya pengangguran dan meningkatnya kemiskinan membuat penyulingan minyak mentah ilegal jadi bisnis menarik. Dilaporkan, ada puluhan bisnis minyak ilegal yang tersebar di Nigeria bagian Selatan.

Dampak dari aktivitas ilegal ini faktanya telah menyebabkan kecelakaan fatal. Bukan hanya menyebabkan kebakaran, melainkan juga terjadinya tumpahan minyak yang menyebabkan polusi air dan tanah.

Sebelumnya, sudah pernah ada ledakan yang serupa di selatan kota Jesse, Nigeria, pada 1998 silam. Ledakan ini menewaskan lebih dari 1000 penduduk desa.

Pada Oktober 2021, adapula kebakaran yang lagi-lagi karena kilang minyak ilegal dan menewaskan 25 orang, yang beberapa di antaranya adalah anak-anak.

Pemerintah Nigeria sebenarnya telah menindak dengan keras pencurian dan penyulingan minyak mentah ilegal ini. Namun, tetap belum ada titik terang.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024

Makna Simbolis dari Penetapan Hari Buku Sedunia

Raja Alfonso XIII dari Spanyol punya peran besar dalam menetapkan tanggal peringatan hari buku sedunia

Context.id | 23-04-2024

Pertama dalam Sejarah, Dissenting Opinion dalam Sidang Sengketa Pilpres

Tiga orang hakim MK menyampaikan dissenting opinion dari mayoritas hakim lainnya terkait putusan MK soal sengketa pilpres.

Context.id | 23-04-2024

Anak Muda Jepang Ogah Beli Mobil, Kenapa?

Tren penurunan pembelian mobil oleh anak muda disebut Wakamono no Kuruma Banare atau pemisahan generasi muda dari mobil.

Context.id | 23-04-2024