Stories - 08 June 2023

Binance dan Changpeng Zhao Digugat, Simak Profilnya

Binance di bawah kendali Changpeng Zhao berkembang pesat menjadi bursa kripto terbesar di dunia.


Tampilan aplikasi pertukaran cryptocurrency Binance di smartphone. - JIBI/Bloomberg

Context.id, JAKARTA - Binance, platform perdagangan kripto, dan sang pendirinya, Changpeng Zhao, secara resmi digugat oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC), Senin (5/6/2023).

SEC menduga Binance dan Changpeng Zhao, yang juga merupakan CEO Binance, telah melakukan tindakan penipuan melalui penyebaran misinformasi di internet atau web of deception

SEC mengajukan gugatan ke pengadilan federal Washington, DC, dengan mencantumkan 13 tuduhan baik kepada Binance dan CEO Changpeng Zhao, serta operator bursa AS yang harusnya independen.

BACA JUGA   Benarkah Flexing Bukan Perilaku Orang Kaya? 

Binance dituduh dengan sengaja meningkatkan volume perdagangan secara artifisial, mengalihkan dana pelanggan, gagal membatasi pelanggan AS dari platformnya dan menyesatkan investor mengenai pengendalian pengawasan pasar.  

SEC juga mengatakan Binance dan sang CEO diam-diam mengalihkan aset pelanggan yang memungkinkan mereka mencampuradukkan dan mengalihkan dana investor sesuai keinginan mereka. 

"Kami menuduh bahwa entitas Zhao dan Binance terlibat dalam jaringan penipuan yang luas, konflik kepentingan, kurangnya pengungkapan, dan penghindaran hukum yang diperhitungkan," kata Ketua SEC Gary Gensler seperti dilansir Bisnis.com

BACA JUGA World Bank Perkirakan Ekonomi RI 2023 Hanya Tumbuh 4,9%

Sementara itu, Binance menanggapi gugatan itu melalui postingan blognya dan menyatakan bahwa perusahaan akan mempertahankan platformnya. Binance juga menegaskan bahwa mereka bukanlah bursa AS. 

"Semua aset pengguna di Binance dan platform afiliasi Binance, termasuk Binance.US, aman dan terjamin," jelas Binance dalam unggahannya.


Binance dan Changpeng Zhao

Binance, seperti dilansir Bisnis.com, didirikan Changpeng Zhao pada 2017 sebagai platform perdagangan kripto. 

Sebelumnya, Changpeng Zhao pernah coba mendirikan beberapa startup teknologi setelah dia kembali dari studi di McGill University di Montreal, Kanada. Dia juga sempat magang di Bursa Saham Tokyo serta bekerja Bloomberg Tradebook di New York selama beberapa tahun.

Namun baru beberapa saat Binance beroperasi, Pemerintah China menetapkan larangan terhadap bursa kripto di negara tersebut. Hal itu tepatnya terjadi pada September 2017.

BACA JUGA     Sherpa, Sang Penyelamat Menuju Puncak Gunung Everest

Regulasi itu membuat Changpeng Zhao kembali meninggalkan China untuk mengembangkan Binance. Changpeng Zhao pada 1989 atau saat berusia 12 tahun pernah meninggalkan China dan menuju Kanada bersama orang tuanya, sekitar dua bulan setelah peristiwa Tiananmen Square.

Changpeng Zhao memegang kendali penuh terhadap Binance dengan kuat dan komitmen pada kerahasiaan serta dan fokus untuk mendominasi pasar. Bahkan, Changpeng Zhao hanya mau posisi-posisi penting di Binance diisi oleh mereka yang pernah bekerja atau belajar di China.  

Tak mengherankan, ekspansi Binance terbilang sangat cepat. Dalam enam bulan, Binance menjadi bursa kripto terbesar di dunia dan saat ini menyumbang sekitar 60 persen dari volume perdagangan kripto global.


Penulis : Oktaviano Donald

Editor   : Oktaviano Donald

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024