Stories - 22 April 2022

Adik Indra Kenz Jadi Tersangka, Ini Kronologinya

Bareskrim Polri menahan adik Indra Kenz, Nathania Kesuma sebagai tersangka terkait keterlibatannya dalam pencucian uang kasus Binomo, Rabu (20/4/2022)


Gelar barang bukti kasus afiliator Binomo dengan Tersangka Indra Kenz (tengah) di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Jumat (25/3/2022) - ANTARA

Context.id, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menahan adik Indra Kenz, Nathania Kesuma sebagai tersangka terkait keterlibatannya dalam pencucian uang kasus Binomo, Rabu (20/4/2022).

Nathania terancam 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1 miliar, dijerat Undang-undang No. 8 Tahun 2010 tentang Pasal Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Pasal 5 dan Pasal 10 junto KUHP Pasal 55 ayat 1.

 

KRONOLOGI PENANGKAPAN

Awalnya, Nathania diperiksa sebagai saksi yang dimulai pada 10 Maret 2022. Pemeriksaan terus berlanjut hingga akhirnya polisi menetapkan Nathania sebagai tersangka pada 20 April 2022.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dir Tipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan, Nathania ditahan selama 20 hari ke depan di rumah tahanan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

 

TIGA PERAN DIJALANKAN NATHANIA

Terdapat tiga peran yang dijalankan Nathania. Ia diketahui membeli aset kripto senilai Rp35 miliar dari Indra Kesuma.

“Tersangka Indra Kesuma membuat akun kripto di Indodax dengan tersangka Nathania Kesuma dan terdapat aset kripto sekitar Rp35 miliar dari tersangka Indra kesuma,” kata Whisnu kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Tersangka juga menerima aliran dana dari Indra Kenz sebesar Rp9,4 miliar dan terlibat dalam pembelian rumah di Medan. Pasalnya, Nathania diketahui sebagai orang yang menandatangani dokumen pembelian rumah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Tersangka Indra Kesuma membeli sebuah rumah di Medan yang di atas namakan dengan tersangka Nathania Kesuma," ujarnya.

 

ADA EMPAT TERSANGKA

Selain Indra Kenz, polisi menetapkan Vanessa Khong (pacar Indra Kenz) dan ayahnya Rudiyanto Pei sebagai tersangka pada Rabu (20/4/2022). Keduanya terlibat kasus yang sama, yakni pencucian uang.

Penyidik telah menyita sejumlah barang bukti dan aset, yakni 2 unit mobil mewah, 3 bangunan rumah di Medan, sebidang tanah dan bangunan di Tangerang, jam tangan mewah dan uang tunai senilai Rp1,6 miliar.

Namun, hal tersebut belum sebanding dengan kerugian 118 korban Binomo yang mencapai Rp72,138 miliar.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024