Stories - 05 June 2023

Mengenal Museum Dewantara yang Rusak Akibat Tawuran

Sejumlah barang koleksi Museum Dewantara Kirti Griya dan warisan Ki Hadjar Dewantara dilaporkan rusak akibat tawuran antara dua kelompok massa.


Pengumuman ihwal penutupan sementara Museum Dewantara Kirti Griya pasca-tawuran antardua kelompok yang menyebabkan kerusakan/Instagram-@merapi_uncover

Context.id, JAKARTA - Museum Dewantara Kirti Griya ditutup untuk sementara waktu setelah terjadi tawuran antara dua kelompok masa di sekitar ruas Jalan Tamansiswa, Yogyakarta, pada Minggu (4/6/2023).

Dikutip dari Harian Jogja, sejumlah barang koleksi Museum Dewantara Kirti Griya yang dahulu merupakan rumah Ki Hadjar Dewantara dilaporkan rusak. Mulai dari bangku peninggalan Bapak Pendidikan tersebut, pintu belakang museum, taman, hingga meja dan kursi dilaporkan terkena lembaran benda-benda keras.

“Kursi sama meja sempat kena lempar batu dan dinaiki massa yang masuk ke area museum. Terus pintu museum juga jebol,” ujar Kepala Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Ki Muryanto dikutip dari Harian Jogja

 

BACA JUGA   Profil Low Tuck Kwong, Orang Terkaya ke-3 di Indonesia

 

Pada saat kejadian, dilaporkan lebih dari 100 orang dari satu kelompok masuk ke museum untuk berlindung dari kelompok lainnya. “Mereka masuk ke sini karena menyelamatkan diri,” ujar Ki Muryanto.

Alhasil, Museum Dewantara Kirti Griya harus tutup untuk sementara sambil memperbaiki kerusakan yang ada. Namun, Ki Muryanto mengakui bahwa mereka tidak dapat sembarangan untuk memperbaiki, mengingat museum ini juga telah dinobatkan sebagai salah satu cagar budaya.

Selain itu, saat ini juga masih dilakukan proses identifikasi TKP di tempat tersebut. “Kami tutup museum ini untuk sementara waktu, sambil memperbaiki juga, belum tahu mau dibuka lagi kapan.” ujarnya lagi.

Ki Muryanto pun mengutuk keras aksi massa tersebut. Pasalnya, cagar budaya yang semestinya dilindungi, malah diinjak-injak.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyatakan bahwa Pemda DIY akan membantu museum untuk memperbaiki kerusakan. “Kalau itu cagar budaya, kalau Pemda DIY bisa bantu, ya enggak apa-apa,” ujar Sultan.

Kemudian, Sri Sultan juga menyampaikan kesediaan Pemda DIY dan Polda DIY menjadi fasilitator bagi kelompok yang terlibat konflik agar segera tuntas melalui jalur mufakat dan kekeluargaan.

 

Mengenal Museum Dewantara Kirti Griya

Dikutip dari buklet Museum Dewantara, bangunan ini dulunya merupakan komplek perguruan Taman Siswa sekaligus pernah menjadi tempat tinggal Ki Hadjar Dewantara.

Namun, pada 18 Agustus 1951, bangunan seluas 5.594 m2 ini dihibahkan kepada Yayasan Persatuan Perguruan Tamansiswa. Enam tahun setelahnya, Ki Hadjar pun berpindah tempat tinggal ke Jalan Kusumanegara yang akhirnya diberi nama Padepokan Ki Hadjar Dewantara.

Pada 1958, pada saat rapat pamong Tamansiswa, Ki Hadjar meminta bekas tempat tinggalnya itu dijadikan museum. Permintaan tersebut pun dikabulkan setelah ia wafat pada 26 April 1959.

Nama museum itu sendiri, Dewantara Kirti Griya juga memiliki artinya tersendiri. Dewantara yang jelas diambil dari nama belakang Ki Hadjar Dewantara, lalu Kirti yang artinya pekerjaan dalam bahasa sansekerta, dan Griya yang berartikan rumah.

Dengan demikian, arti lengkap dari nama museum ini adalah rumah yang berisi hasil kerja Ki Hadjar Dewantara


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Oktaviano Donald

MORE  STORIES

Pengguna Mobil Apa yang Paling Pintar di Jalanan?

Pernah kesal dengan perilaku berkendara sebagian pengemudi mobil dengan brand tertentu? Ini riset yang mengkorelasikan brand mobil yang dikendarai ...

Fahri N. Muharom | 07-09-2024

Bagaimana Sepak Bola Tunanetra Dimainkan?

Atlet sepak bola tunanetra sangat hebat dalam menggunakan kesadaran ruang dan mampu memadukan kecepatan serta teknik bermain

Context.id | 06-09-2024

Nyetir Lebih dari Dua Jam Bisa Bikin Makin Bodoh?

Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa mengemudi lebih dari dua jam sehari bisa menurunkan daya otak seseorang.

Naufal Jauhar Nazhif | 06-09-2024

Saat Hewan Ditugaskan Menjadi James Bond

Penggunaan hewan dalam kegiatan militer telah berlangsung selama bertahun-tahun baik itu untuk kegiatan mata-mata atau untuk penyerangan.

Context.id | 05-09-2024