Stories - 25 April 2022

Bagaimana agar Para Jenius Gak Pergi ke Luar Negeri?

Tujuh juta penduduk Indonesia merantau, Jokowi meminta para jenius Indonesia untuk pulang dan mengabdi pada bangsa.


Ilustrasi karir orang jenius. - Context.id -

Context.id, JAKARTA - Banyaknya sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang memilih berkarir di luar negeri, membuat Presiden Joko Widodo khawatir.

Jokowi secara terang-terangan meminta para jenius Indonesia untuk pulang ke tanah air dan mengabdi pada bangsa.

“Saya kira banyak yang, anak-anak kita yang ada di luar, yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik dan kondusif lagi,” kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Setpres, Selasa, 1 Maret 2022.

Memulangkan para jenius ini nyatanya tak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah Indonesia untuk dapat mengembangkanpendidikan, kesejahteraan masyarakat, fasilitas publik, hingga stabilitas ekonomi nasional.

Seperti yang diucapkan Ainun Najib, salah satu jenius yang diminta pulang Jokowi, saat berdialog melalui video conference, Selasa (1/3/2022).

“Kuncinya dua Pak, opportunity dan stability. Opportunity ini tentu Indonesia punya banyak sekali opportunity sebagai salah satu pemain besar di market terbesar ketiga di dunia, Southeast Asia. Nah, stability ini mungkin yang agak tricky. Ada yang mungkin karena pertimbangan keluarga, ada yang pertimbangan stabilitas karier, terus kalau saya pribadi pendidikan anak-anak, nggak mau kalah dengan putra-putra jenegan Pak sekolah di Singapura. Jadi stabilitas itu mungkin masih perlu diperbaiki,” ucap Ainun Najib, Head of Analytics, Platform and Regional Bussiness Grab Singapura.

Jika langkah ini dilakukan pemerintah, kemungkinan besar para jenius Indonesia akan mempertimbangkan untuk lebih memilih berkarir di negerinya sendiri. Dengan begitu, Indonesia tak akan kehilangan sumber daya manusia terbaiknya.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024