Stories - 25 April 2022

Bagaimana agar Para Jenius Gak Pergi ke Luar Negeri?

Tujuh juta penduduk Indonesia merantau, Jokowi meminta para jenius Indonesia untuk pulang dan mengabdi pada bangsa.


Ilustrasi karir orang jenius. - Context.id -

Context.id, JAKARTA - Banyaknya sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang memilih berkarir di luar negeri, membuat Presiden Joko Widodo khawatir.

Jokowi secara terang-terangan meminta para jenius Indonesia untuk pulang ke tanah air dan mengabdi pada bangsa.

“Saya kira banyak yang, anak-anak kita yang ada di luar, yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik dan kondusif lagi,” kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Setpres, Selasa, 1 Maret 2022.

Memulangkan para jenius ini nyatanya tak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah Indonesia untuk dapat mengembangkanpendidikan, kesejahteraan masyarakat, fasilitas publik, hingga stabilitas ekonomi nasional.

Seperti yang diucapkan Ainun Najib, salah satu jenius yang diminta pulang Jokowi, saat berdialog melalui video conference, Selasa (1/3/2022).

“Kuncinya dua Pak, opportunity dan stability. Opportunity ini tentu Indonesia punya banyak sekali opportunity sebagai salah satu pemain besar di market terbesar ketiga di dunia, Southeast Asia. Nah, stability ini mungkin yang agak tricky. Ada yang mungkin karena pertimbangan keluarga, ada yang pertimbangan stabilitas karier, terus kalau saya pribadi pendidikan anak-anak, nggak mau kalah dengan putra-putra jenegan Pak sekolah di Singapura. Jadi stabilitas itu mungkin masih perlu diperbaiki,” ucap Ainun Najib, Head of Analytics, Platform and Regional Bussiness Grab Singapura.

Jika langkah ini dilakukan pemerintah, kemungkinan besar para jenius Indonesia akan mempertimbangkan untuk lebih memilih berkarir di negerinya sendiri. Dengan begitu, Indonesia tak akan kehilangan sumber daya manusia terbaiknya.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024