Stories - 21 April 2022

Rusia Sukses Uji Coba Rudal ‘Setan II’

Rudal Setan II ini akan membuat musuh berpikir dua kali jika ingin menyerang negara beruang merah tersebut.

Context.id, JAKARTA - Rusia sukses meluncurkan rudal balistik antarbenua Sarmat (ICBM) atau yang sering dijuluki Setan II, di Plesetsk, Barat Laut Rusia, pada Rabu (20/4/2022). Saat diluncurkan, rudal mengenai sasaran di semenanjung Kamchatka di Timur Rusia.

“Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas keberhasilan peluncuran rudal balistik antarbenua Sarmat,” kata Presiden Vladimir Putin kepada tentara dalam sambutan yang disiarkan televisi.

Menurut Putin, rudal Setan II ini akan membuat musuh berpikir dua kali jika ingin menyerang negara beruang merah tersebut. Sebab, rudal diyakini memiliki keunggulan yang mampu memperkuat potensi tempur angkatan bersenjata Rusia.

Putin mengklaim rudal Setan II dapat menempuh jarak sekitar 6000 km, yang hampir tidak dapat ditiru dengan teknologi saat ini.

“Kompleks baru ini memiliki karakteristik taktis dan teknis tertinggi dan mampu mengatasi semua sarana pertahanan anti-rudal modern. Itu tidak memiliki analog di dunia dan tidak akan lama lagi," kata Putin dalam video briefing dengan pejabat pertahanan.

Diketahui, Rudal Setan II adalah ICBM berat terbaru yang diproduksi menggantikan sistem Voyevoda pada era Soviet. Menurut Layanan Penelitian Kongres Amerika Serikat, ICBM baru ini memiliki 10 atau lebih hulu ledak yang ada di setiap rudal.

Senjata ini sudah dikembangkan selama bertahun-tahun, tepatnya sejak 2018. Tetapi baru diluncurkan pada tahun ini.

 

AMERIKA SERIKAT TAK TERKEJUT

Departemen AS atau Pentagon menyebut uji coba senjata yang dilakukan Rusia bukan ancaman bagi mereka. AS mengaku tak terkejut dengan hal ini.

"Uji coba itu rutin, dan Departemen Pertahanan AS menganggapnya bukan ancaman," kata juru bicara Pentagon John Kirby, dikutip dari Russia Today, Kamis (21/4/2022).

 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024