Stories - 19 May 2023

Fakta Menarik Perhelatan Final Sepakbola SEA Games 2023

Wasit asal Oman, Matar Ali Al Hatmi mengeluarkan 7 kartu merah dan 16 kartu kuning kepada Indonesia dan Thailand.


Timnas u-22 juara sea games 2023. -PSSI-\r\n

Context.id, JAKARTA - Di malam yang penuh drama, Garuda muda akhirnya dapat bernafas lega saat peluit wasit berkumandang di depan papan skor bertuliskan 5-2. Artinya,  Timnas Indonesia U-22 resmi mengalahkan Timnas Negeri Gajah Putih di perhelatan SEA Games 2023 dan pulang membawa piala, Selasa, (16/5/23). 

Peraihan medali emas SEA Games 2023 patut dijadikan kebanggaan masyarakat Indonesia. Pasalnya, kemenangan yang diraih merupakan hasil penantian panjang setelah menunggu selama 32 tahun. 

Sebelumnya, jejak sang juara cabang sepak bola tertinggal pada laga final 1987 di Jakarta dan 1991 di Filipina. Wajar jika keberhasilan di Kamboja mendapatkan hujan pujian, terutama dari sosok RI 1 yaitu, Jokowi. 

“Sangat happy banget, mental juara sangat terlihat. Ini juga kan sudah ditunggu selama 32 tahun," ujar Presiden Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Pagi tadi, fans sepak bola tanah air sumringah menyambut arak-arakan pemain yang melalui jalan Jenderal Sudirman, kemudian memutar bundaran Hotel Indonesia, kembali ke arah Senayan, menaiki jembatan Semanggi, dan berakhir di Parkir Timur, GBK Jakarta.

Antusiasme masyarakat terlihat saat memadati jalur kegiatan pawai bahkan sejak matahari belum menampakkan sinarnya. Tentunya euforia ini sepadan dengan perjuangan Tim Garuda Muda menuntaskan permainan epiknya malam itu. 

 

3 Fakta yang Mewarnai Perhelatan Final SEA Games Kamboja

1. Hujan Kartu Merah

Wasit asal Oman, Matar Ali Al Hatmi mengeluarkan 7 kartu merah dan 16 kartu kuning kepada Indonesia dan Thailand. Insiden tersebut terjadi kala panasnya laga antar kedua tim karena terjadi baku hantam sesaat Indonesia mengungguli Thailand 3-1.

Tiga kartu merah diberikan untuk Timnas Thailand yakni Soponwit Rakyart, Jonathan Khemde, dan Teerasak Poeiphimai. Lalu, Komang Teguh dari Timnas Indonesia. 

 

2. Prank Peluit Wasit

Wasit memberikan perpanjangan waktu 6 menit pada babak kedua sehingga menjadi 90+6’. Ketika hitungan waktu tambahan selesai dan tiupan peluit wasit bergema, seluruh pendukung Indonesia melakukan selebrasi atas kemenangan 2-1. 

Sayangnya, wasit hanya meniupkan sekali peluit yang mengartikan bahwa permainan belum dihentikan. Momen tersebut menguntungkan Thailand karena bola sedang dalam penguasaan mereka sehingga terciptalah gol yang menyamaratakan skor. 

Sempat membuat geram penonton, prank ini menjadi kontroversi mengingat gol dari tim lawan terjadi di menit 90+7' atau di luar waktu perpanjangan yang ditentukan wasit. Akhirnya, Timnas Indonesia harus menunda perayaan kemenangannya saat itu.

 

3. Manager Timnas Kena Pukul

Wasit memberikan waktu ekstra selama 15x2’ dalam laga final antara Timnas Sepak Bola Indonesia dan Thailand di Sea Games 2023. Usai Tim Garuda Muda mencetak gol ketiga, hasrat untuk membalas ejekan lawan di menit sebelumnya memicu kericuhan antar pemain hingga ofisial yang terlibat di lapangan.

Salah satu yang ikut terseret adalah Manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji, wajahnya memar sebab kericuhan hingga harus dipapah ke pinggir lapangan.


Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024