Stories - 10 May 2023

Divisi Penjualan 2 Kali Kena PHK LinkedIn

LinkedIn pangkas 716 pekerja dampak dari prospek ekonomi global yang melemah, Selasa (9/5/2023).


Ilustrasi aplikasi LinkedIn. -Freepik-

Context.id, JAKARTA - LinkedIn pangkas 716 pekerja dampak dari prospek ekonomi global yang melemah, Selasa (9/5/2023).  Selain itu, aplikasi pencarian kerja InCareer (aplikasi pencari kerja di China) juga ditutup.

Diketahui sebelumnya, jejaring sosial profesional milik Microsoft ini pernah melakukan PHK terhadap 960 karyawan saat pandemi covid melanda.

Platform yang masuk ke dalam 10 besar media sosial terbesar dunia ini merupakan gagasan Reid Hoffman, pengusaha asal AS yang pernah mendirikan SocialNet  pada 1997. Namun, situs tersebut gulung tikar dalam dua tahun, setelah gagal menemukan cukup basis pengguna.

Kendati demikian, kalau kita kilas balik, LinkedIn selama ini terus mengalami kenaikan pengguna. Tak main-main, LinkedIn berhasil mencapai satu miliar pengguna pada kurun waktu lima tahun terakhir.

Sejalan, peningkatan tersebut terjadi pula di Indonesia. Jumlah pengunduh LinkedIn pun ikut bertambah menjadi 58,4 juta kali. Naik 10 persen dari tahun sebelumnya. Kemudian, berdasarkan data yang dikumpulkan LinkedIn pada 2022, pendapatan oleh layanan periklanan juga mengalami kenaikan. 

Oleh sebab itu, kabar adanya PHK dan penutupan layanan InCareer (cabang dari LinkedIn) di China menjadi pertanyaan beberapa pihak.

Apalagi, di samping mencuatnya keuntungan yang diperoleh, bagian penjualan (sales) lah yang terdampak di dua gelombang PHK ini.

 

 

Tanggapan CEO LinkedIn 

CEO LinkedIn, Ryan Roslansky dalam suratnya kepada karyawan, mengatakan bahwa langkah PHK dalam peran tim penjualan, operasi, dan dukungannya ditujukan untuk merampingkan operasi perusahaan dan mempercepat pengambilan keputusan.

Padahal seperti yang diketahui, divisi penjualan sendiri memegang peran penting dalam meluncurkan strategi pemasaran sebuah perusahaan. Namun saat ini, LinkedIn justru menggaet vendor sebagai mitra eksternal untuk mengerjakan pekerjaan baru. 

Kendati demikian, LinkedIn menyatakan bahwa mantan karyawannya dapat melamar lagi ke perusahaan sosial media profesional tersebut, jika mereka memenuhi syarat.


Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Crysania Suhartanto

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024