Stories - 17 April 2023

Jin & Jun Kembali, Kali ini dengan Jin versi Rocker!

Jin dan Jun, sinetron fenomenal tahun pada tahun 90-an ini, kini diadaptasi ke layar lebar.


Konferensi pers film Jin & Jun The Movie, pada Jumat (14/4/2023). - Context ID -

Context.id, Jakarta - Apa yang terbayang di benak Anda ketika mendengar kata Jin? 

Bagaimana kalau kali ini, Jin-nya berpakaian layaknya musisi musik metal? Dengan baju dipenuhi paku-paku serta menggunakan make-up tebal, dengan eye shadow hitam di pinggiran mata? Bahkan, menurut pemainnya, baju metalnya memiliki berat hingga 8 kg!

Jin dan Jun, sinetron fenomenal tahun pada tahun 90-an ini, kini diadaptasi ke layar lebar. Diperankan oleh Dwi Sasono sebagai Jin serta Rey Bong sebagai Jun, ‘Jin & Jun The Movie’ menghadirkan kembali kenangan masa kecil dengan sentuhan-sentuhan keresahan dunia masa kini. 

Pasalnya, bukan hanya membahas persahabatan antara manusia dengan jin, melainkan juga menceritakan isu perundungan, kemiskinan, keserakahan, serta perjuangan untuk bertahan hidup. Selain itu, film inipun juga memiliki banyak pesan moral yang terselip di berbagai adegan.

Sutradara Jin & Jun, Anggy Umbara menyatakan bahwa film ini sebenarnya sudah digodok sejak 2019. Namun akibat pandemi, pengerjaan film ini tertunda, hingga akhirnya kembali diproduksi pada tahun 2022.

“Dari shootingnya pun bulan Agustus tahun lalu, lalu editing-editing, baru selesai edit itu akhir tahun. Dan baru CGI itu Januari, cuma enggak sampai empat bulan, eh dua setengah bulan, dipotong dengan libur-libur apa segala macem,” jawab Anggy.

Kendati demikian, menurut penulis naskah, Amri Hidayat, akan ada potensi untuk menjadikan Jin & Jun ini menjadi sebuah series. 


 

Tantangan Dwi Sasono untuk Memerankan Jin

Pada konferensi pers ‘Jin & Jun The Movie’, Dwi Sasono mengungkapkan bahwa ia sempat mengalami sejumlah tantangan dalam memerankan tokoh Jin. Mulai dari riset penokohan yang sangat menantang, pasalnya ia tidak memiliki referensi untuk tokoh Jin unik yang diperankannya.

“Gue mau ke alam jin, takut nggak bisa balik lagi. Jadi akhirnya ya udah, mengenali jin aja dari dimensi mana sih,” ungkap Dwi. 

Selain itu, pada saat proses shooting, ia juga mengalami sejumlah tantangan tersendiri. Pasalnya, makeup yang digunakannya sangatlah tebal, hingga proses make-up memerlukan waktu hingga 2 jam. Dwi pun mengungkapkan bahwa ia harus datang 2 jam lebih awal dari aktor lainnya. 

Lebih lanjut, ia juga menyatakan bahwa kostum yang digunakannya juga sangat berat. “Saya kemarin sempat timbang, beratnya 8 kg,” ujar Dwi lagi. 


 

Jin yang Terinspirasi dari Grup KISS


Sutradara, Anggy Umbara menyatakan bahwa tadinya ia ingin menjadikan jin di film ‘Jin & Jun The Movie’ merupakan jin yang suka dengan musik K-Pop. Namun, ia berpikiran bahwa Jin dengan musik K-Pop akan kurang relevan dengan latar belakang Jin itu sendiri, yakni dari Kerajaan Majapahit.

Kemudian, ia pun terinspirasi dari pewayangan Punakawan, yang sering digambarkan dengan muka yang cemong-cemong, dan yang paling mirip dengan punakawan itu adalah para musisi dead metal, yang sering dirias wajahnya hingga seperti itu.

Anggy pun menyatakan bahwa hal ini juga ada kebetulannya, pasalnya salah satu band metal favoritnya adalah Band KISS, yang mana vokalisnya juga bernama Jin. “Kayak KISS dong? Ya KISS kan vokalisnya namanya Jin, Jin Simons kan? Nyambung semua, ya berarti sudah takdirnya seperti itu,” ujar Anggy. 


 

Rey Bong Merasa Terbebani Menjadi Jun Dalam Film Ini


“Beban? Sudah pasti,” ujar Rey Bong dalam konferensi pers, beberapa waktu belakangan.

Menurut Rey Bong, film ini memiliki tantangannya tersendiri karena sudah pernah ada pendahulunya yang merupakan sinetron fenomenal, sehingga ia takut tidak dapat membawakan karakter Jun dengan baik.

“Gimana caranya untuk membuat penonton-penonton yang sekarang, yang menonton remakenya itu menjadi percaya juga atau menikmati juga versi sekarang yang lebih baru,” ujar Rey. 

Apalagi, pada saat pertama kali netizen mengetahui bahwa Rey Bong lah yang terpilih untuk memerankan Jun, banyak dari mereka yang menyatakan ketidaksetujuan akan tokoh yang diperankannya. “Beberapa netizen yang sempat gempar juga, wah kenapa orang ini yang jadi Jun nih, banyak juga yang komen, oh dia mah karena cuma mirip doang sama Om Syahrir (pemeran Jun di sinetron),” ujar Rey. 

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024