Stories - 27 March 2023

Pada 2050, Setengah Kendaraan di ASEAN Sudah Jadi EV

Associate Partner McKinsey & Company, Yi Zhou menyatakan bahwa pada 2050, setengah kendaraan di ASEAN sudah beralih ke energi listrik.


ASIA EV Leadership Summit & Technology Indonesia 2023 yang dibuka oleh kata sambutan dari Menteri Parekraf Sandiaga Uno, pada Jumat (17/3/2023).

Context.id, JAKARTA - Associate Partner McKinsey & Company, Yi Zhou menyatakan bahwa pada 2050, setengah kendaraan di ASEAN sudah beralih ke energi listrik. Adapun moda transportasi yang paling masif pergantian energinya adalah bus dan sepeda motor.

Dalam padanan materi yang ia susun dalam pembukaan ASIA EV Leadership Summit & Technology 2023 Indonesia, Zhou menyampaikan bahwa hal ini dapat terjadi karena didorong oleh peningkatan ekonomi, regulasi yang menguntungkan, serta kesiapan teknologi. 

Pasalnya menurut penelitian di Asia Tenggara, semua segmen EV akan mengalami peningkatan penjualan lebih dari 50 persen pada 2035. Lebih lanjut, sepeda motor listrik bahkan diperkirakan akan mencapai 175 juta pembelian pada 2050. 

Kendati demikian, pada kesempatan tersebut, Zhou menyatakan bahwa Indonesia cukup realistis jika memiliki cita-cita sebagai salah satu pasar kendaraan listrik terkemuka di Asia Tenggara. Pasalnya, Indonesia sudah terbukti menjadi pemasok nikel setengah jadi di dunia, yang berguna untuk pembuatan baterai kendaraan listrik. 

Pada Jumat (17/3/2023), ASIA EV Leadership Summit & Technology Show 2023 Indonesia, konferensi ekosistem, teknologi, serta inovasi mobil listrik terbesar di Indonesia resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno serta Dewan Energi Nasional, Satya Widya Yudha. 

ASIA EV Leadership Summit & Technology Indonesia tahun ini, diselenggarakan oleh ESCOM Event dan eMobility World dan bekerjasama dengan New Energy Nexus dan Resilience Development Initiative (RDI). Adapun acara ini telah mempertemukan stakeholder dari bidang mobilitas digital untuk membahas perkembangan dan masa depan transportasi listrik di Indonesia.

Konferensi yang berlangsung di Hotel Holiday Inn, Kemayoran telah terbagi atas sejumlah acara di tiga venue yang berbeda. Selain Yi Zhou dari McKinsey & Company, terdapat juga Deputi Keuangan Kementerian Investasi Indra Darmawan, serta Kabid Evaluasi Armada & Pengembangan PT Transjakarta Insan Ridho

Selain itu, acara pembukaan ini juga dihadiri oleh berbagai sponsor dari jenama ternama, seperti Zeiss, DHL, Quantel, TRUMPF, PT Volex Indonesia, AUTEL Digital Power, SolaTeks Pte Ltd, dan lainnya. 

MORE  STORIES

KPPU Mulai Sidangkan Perkara Tender di BRIN

Perkara ini melibatkan 4 perusahaan yang menjadi terlapor

Noviarizal Fernandez | 20-05-2024

D’Festa 2024, Pameran K-Pop Terbesar di Indonesia

D\'Festa digadang-gadang dapat memberikan pengalaman impresif yang tak terlupakan bagi para penggemar K-Pop di Indonesia

Context.id | 20-05-2024

Mengenal HIFI, Orang Kaya tapi Kekurangan

Generasi milenial di kota-kota AS yang berpenghasilan $200.000 atau lebih per tahun hidup dari gaji ke gaji

Context.id | 20-05-2024

Salah Kaprah Bisnis Franchise atau Waralaba

waralaba ini memberikan hak penggunaan merek dagang, sistem operasi, dan dukungan kepada pihak lain untuk menjalankan bisnis yang sudah berjalan.

Context.id | 20-05-2024