Stories - 20 April 2022

Fakta Unik Festival Musik Coachella

Dua nama musisi Tanah Air yakni Niki Zefanya dan Rich Brian juga turut berpartisipasi membawa nama Indonesia dalam ajang festival Coachella 2022.

Context.id, JAKARTA – Festival musik tahunan Coachella akhirnya digelar selama dua pekan, mulai dari 15-17 April dan 22-24 April 2022 di Empire Polo Club, California, Amerika Serikat.

Sederet nama besar ikut memeriahkan festival bertemakan “Coachella Valley Music and Arts Festival” ini. Ada Billie Eilish, Harry Styles, The Weeknd dengan bintang EDM Swedish House Mafia sebagai headliner festival.

Festival yang sudah diselenggarakan sejak 23 tahun lalu ini tentu ditunggu-tunggu publik. Saat kembali digelar, festival ini ramai diperbincangkan terutama di media sosial. Belum lagi terdapat fakta-fakta menarik yang terjadi selama festival. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum Context.

 

SEJARAH COACHELLA

Melansir dari Insider, Coachella pertama kali diadakan pada Oktober 1999 di Empire Polo Field di Indio, California. Dipromotiri oleh Paul Tollett dan Rick Van Santen dari Goldenvoice awalnya ingin menarik 70.000 penggemar dengan jajaran artis yang beragam.

Namun, pada awal pertunjukan Coachella hanya berlangsung selama satu hari. Namun akhirnya, pertunjukan ini semakin besar, ramai, serta dapat mengundang artis-artis ternama dunia, sehingga dapat melangsungkan konser hingga dua minggu.

 

DIGELAR SETELAH 2 TAHUN VAKUM

Coachella akhirnya kembali diselenggarakan setelah dua tahun absen karena pandemi.  Oleh karena itu, mengingat masih dalam kondisi pandemi, panitia juga menyediakan dua fasilitas tes Covid-19 di area festival.

Namun uniknya, para pengunjung juga bebas berjalan-jalan tanpa perlu menjaga jarak dan tidak wajib untuk menggunakan masker.

 

BERAPA PROFIT COACHELLA?

Melansir dari Billboard, Coachella memperoleh keuntungan lebih dari $114 juta pada 2017, festival pertama yang berulang kali memecahkan rekor $100 juta dalam satu tahun sejak 2016.

Hal ini tak terlepas dari lamanya festival tersebut. Pada 2007, Coachella hanya memperoleh $16 juta, saat diselenggarakan selama satu minggu. Namun pada 2012, setelah acara diselenggarakan selama dua minggu, festival ini menghasilkan $47,3 juta.

 

MUSISI ASIA PENUHI LINEUP COACHELLA

Melansir dari Lifestyle Asia, Coachella mengundang 178 artis dari seluruh dunia dan 16 artis berasal dari Asia. Di antaranya adalah Niki dan Rich Brian yang berasal dari Indonesia.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Memicu Depresi, Kenapa?

Data Kemenkes RI per Maret 2024 mencatat sebanyak 22,4 % atau sekitar 2.716 calon dokter spesialis mengalami gejala depresi akibat PPDS.

Context.id | 18-04-2024

Ini Dia Lubang Hitam Besar di Galaksi

BH3 adalah lubang hitam bintang paling masif yang pernah ditemukan di Bima Sakti

Noviarizal Fernandez | 18-04-2024

Ketika Semenanjung Arab Diguyur Hujan Lebat

Banjir besar menelan 18 korban tewas di Oman dan juga mengakibatkan kelumpuhan di beberapa negara Timur Tengah

Noviarizal Fernandez | 18-04-2024

Masuk ke Indonesia, Starlink Ciptakan Tantangan atau Peluang?

Perizinan operasi satelit Starlink telah memenuhi standarisasi dari Kominfo

Context.id | 17-04-2024