Stories - 26 February 2023

Pelajar Pendidikan Vokasi Berpotensi Majukan UMKM

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim sedang mempersiapkan benih-benih unggul untuk memajukan UMKM Indonesia.


Mendibud Ristek, Nadiem Makarim saat menyampaikan pidato di Legendary Brand Festival 2023, Minggu (26/2/2023). - Bisnis Indonesia -

Context.id, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), Nadiem Makarim menyatakan bahwa dirinya sedang mempersiapkan benih-benih unggul untuk memajukan Indonesia.

Pasalnya, saat ini UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya sekitar 8,71 juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Tahun lalu ada tercatat, ada 8,71 juta unit pengusaha kecil dan menengah yang tersebar di seluruh Indonesia dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 96,9 persen. Ya ekonomi Indonesia ya ekonomi UMKM," ujar Nadiem pada acara Legendary Brand Festival, yang diadakan di City Hall Pondok Indah Mall 3, pada Minggu (26/2/2023).

Oleh karena itu, Kemdikbud dalam beberapa tahun sedang mengembangkan potensi unggul tersebut dengan melipatgandakan program merdeka belajar, agar bibit-bibit ini bisa menjadi pekerja yang bertalenta, kreatif, dan kompeten.

Selain itu, pemerintah juga sedang berupaya untuk melakukan kolaborasi dan yang paling populer adalah riset terapan dilakukan oleh pelajar dengan pendidikan vokasi kepada UMKM. 

"Salah satunya melalui pelaksanaan riset terapan yang hasilnya terhilirisasi dengan baik, sehingga memberikan dampak baik bagi masyarakat," ujar Nadiem.

Layaknya yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Bali yang mengembangkan integrated tourism billing system yang dapat menaikkan potensi pendapatan masyarakat tersebut hingga 50 persen.

Selain itu, adapula yang dilakukan oleh Universitas Kristen Maranatha yang berkolaborasi dengan 40 UMKM batik untuk membuat jenis kain batik yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi. Menariknya, hasil kolaborasi ini bisa membawa kain batik tersebut ke pasar global dan diberikan kepada delegasi G20 Indonesia pada November 2022.

Lalu, adapula kolaborasi yang menarik antara SMK 2 Padang dan SMK 8 Padang, yang bekerjasama dengan UMKM lokal untuk mendesain, mencetak, serta mendistribusikan batik Minang.

Oleh karena itu, Nadiem dalam pidatonya di Legendary Brand Festival 2023 mengharapkan bahwa kedepannya akan ada acara mengenai UMKM yang melibatkan pada pelajar vokasi. 

"Untuk memberikan kesempatan kepada enterpreneur muda kita untuk tunjuk gigi, serta menampilkan karya-karya inovatif yang pasti akan mereka lahirkan," tutup Nadiem.

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024