Originals - 22 February 2023

Bom Atom, Hal yang Paling Disesali Albert Einstein

6 Agustus 1945, salah satu hari yang paling disesali dalam hidup ilmuwan, Albert Einstein.

Context.id, JAKARTA - 6 Agustus 1945, salah satu hari tergelap di dunia karena bom atom untuk kala pertama digunakan dan menewaskan sekitar 10 ribu jiwa seketika serta ribuan lainnya sakit, cacat, bahkan meninggal karena paparan radioaktif.

Hari itupun juga menjadi salah satu hari yang paling disesali dalam hidup ilmuwan, Albert Einstein. Soalnya, secara enggak langsung, ialah yang menemukan bom atom.

1938, saat itu para ilmuwan Jerman menemukan cara untuk membelah atom uranium salah satu unsur yang mudah untuk dilepaskan, memiliki daya ledak hebat, dan menghasilkan radioaktif.

Einstein yang mengetahui hal tersebut pun didesak oleh ketiga temannya untuk menyurati Presiden Amerika, Roosevelt. Ia pun meminta Amerika untuk menimbun bijih Uranium dan mulai membuat senjata atom sendiri.

Mendengar hal itu, Roosevelt pun membentuk tim khusus untuk mengembangkan bom atom, yang anehnya, justru tidak mengajak Einstein. Soalnya, takut Einstein bakal bocor ke Jerman dan merusak penelitian.

Oleh karena itu, sebenarnya ketika Amerika ngebom Jepang untuk pertama kalinya Albert Einstein kaget dan menyesal banget.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024

Petaka di Balik Pengeboran Minyak Bumi

Sekitar 10 hari setelah ledakan, minyak sudah mulai terlihat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan terus memburuk setiap harinya.

Noviarizal Fernandez | 26-12-2023

Sampah Plastik Dari Solusi Jadi Masalah

Awalnya, kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan dunia, tapi kemudian menjadi masalah.

Noviarizal Fernandez | 19-12-2023