Originals - 22 February 2023

Meikarta: Kisah Kota Impian yang Kini Tinggal Angan

Sebulan setelah peluncuran, Pemda Jawa Barat minta proyek dihentikan karena masalah izin kepemilikan tanah.

Context.id, JAKARTA - Kota impian ini, awalnya diperkenalkan ke publik pada 4 Mei 2017. Dimana, proyek bernilai lebih dari Rp278 triliun dijanjikan menjadi kota futuristik yang punya 100 gedung pencakar langit, fasilitas, dan akses transportasi yang aduhai.

Sayangnya, harapan ini hanya tinggal mimpi semata. Sebulan setelah peluncuran, Pemda Jawa Barat minta proyek dihentikan karena masalah izin kepemilikan tanah. Ternyata, Meikarta pernah ngomong kalau mereka sudah punya izin untuk 350 hektar, padahal pemda baru memberikan izin untuk 84,6 hektar. Selain itu, Meikarta juga tersandung kasus ketidaksesuaian tata ruang proyek dan IMB.

Namun, belum beres masalah izin, setahun kemudian, muncul gugatan dari vendor Meikarta. Grup besar Meikarta, yaitu Lippo Group juga kena kasus suap perizinan, yang turut menyeret mantan Bupati Bekasi dan sejumlah kepala dinas terkait.

Pada 2019, Meikarta pun diamuk konsumen karena bangunan yang enggak jadi-jadi. Sebenarnya, kalau sesuai perjanjian, pengembang sudah melakukan serah terima unit pada tahun 2019 dan 2020. Namun, ketika saat itu tiba, pembangunannya masih jauh dari kata selesai.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Tips Memulihkan Skor Kredit di SLIK (BI Checking)

Skor kredit di SLIK atau BI Checking bisa kita pulihkan. Ini akan membantu kita untuk mengajukan kredit atau pinjaman ke bank

Noviarizal Fernandez | 29-09-2023

Kenapa Indonesia Perlu Lakukan Dedolarisasi?

Belakangan ini, isu dedolarisasi ramai dibicarakan. Tapi sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan dedolarisasi?

Noviarizal Fernandez | 27-09-2023

Memanfaatkan Paylater Secara Bijak

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Ya, seperti itulah kira-kira kalau kita enggak bisa mengelola utang.

Noviarizal Fernandez | 26-09-2023

Naik Haji Tak Selalu Mudah dan Penuh Perjuangan

Umat muslim sangat merindukan untuk bisa berhaji atau menunaikan hukum Islam ke-5. Tapi jangan salah, berhaji itu butuh pengorbanan lahir batin ya ...

Noviarizal Fernandez | 25-09-2023