Originals - 22 February 2023

Kenapa Orang Miskin Susah Kaya?

Sebenarnya, untuk terbebas dari kemiskinan, bukan hanya sembarang memberikan uang dan langsung bisa kaya.

Context.id, JAKARTA - Angka ketimpangan pengeluaran di Indonesia sebesar 0,384. Tak dapat dipungkiri, angka ini memang meningkat dari angka semester sebelumnya. Namun, memang tingkat ketimpangan Indonesia menurut Bank Dunia masih tergolong rendah.

Hal ini pun seturut dengan angka kemiskinan yang perlahan mengalami penurunan secara nasional. Sayangnya, potensi kenaikan kemiskinan di Indonesia masih tetap ada dan tingkat kemiskinan di Indonesia juga masih tergolong tinggi. 

Tapi kenapa ya kemiskinan susah untuk diberantas? Sebenarnya, untuk terbebas dari kemiskinan, bukan hanya sembarang memberikan uang dan langsung bisa kaya. Soalnya, kekayaan bukan hanya soal uang, melainkan juga soal mental. Dan inilah yang kemudian melahirkan sebuah istilah kemiskinan kultural. 

Mereka yang sudah terbiasa untuk hidup sederhana dan ketika mendapatkan uang kaget, mereka akan berusaha untuk membeli apa yang selama ini belum dapat mereka dapatkan tanpa berpikir panjang. Lalu, adapula mereka yang sudah terbiasa hidup miskin, menganggap kemiskinan adalah nasib dan membuat mereka tetap “nyaman” berada di dalam zona aman kemiskinan. 


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

50 Tahun Peristiwa Malari dan Sentimen Modal Asing

Peristiwa Malari merupakan kepingan sejarah dari perjalanan modal asing, khususnya Jepang di Indonesia.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024

Petaka di Balik Pengeboran Minyak Bumi

Sekitar 10 hari setelah ledakan, minyak sudah mulai terlihat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan terus memburuk setiap harinya.

Noviarizal Fernandez | 26-12-2023