Stories - 19 April 2022

Konflik Rusia-Ukraina Dorong Percepatan EBT Indonesia?

Kenaikan harga energi fosil akan berpengaruh pada Indonesia, tetapi tidak signifikan sampai dapat meningkatkan penggunaan EBT di Tanah Air.

Context.id, JAKARTA - Masifnya penggunaan energi baru terbarukan (EBT) yang terjadi di Eropa karena perang Rusia-Ukraina, dirasa kurang signifikan dampaknya pada Indonesia.

Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu pemasok energi fosil pada negara-negara sekitarnya. Kenaikan harga energi fosil akan berpengaruh pada Indonesia, tetapi tidak signifikan sampai dapat meningkatkan penggunaan EBT di Tanah Air. Padahal, Indonesia berkomitmen mencapai Net Zero Emission pada 2060.

Advisor GIZ Indonesia, Deni Gumilang menyatakan sebaiknya Indonesia berfokus pada proses dekarbonisasi dari dalam negeri. Ia menilai Indonesia juga memiliki potensi besar di bidang EBT.

“Potensi EBT di negara kita ini masih besar, masih sangat besar. Bagaimana itu dioptimalkan kan itu belum optimal, itu yang penting menurut saya, bagaimana kita mengoptimalkan ketahanan bangsa sesuai dengan apa yang kita punya, walaupun aspek-aspek global berpengaruh,” ujar Deni dalam media briefing, Kamis (14/4/2021).

Berdasarkan data Clean, Affordable, and Secure Energy for Southeast Asia (CASE), pertumbuhan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia hanya meningkat 2,4-2,5 GW dalam lima tahun terakhir.

“Secara khusus energi terbarukannya itu, dari tahun 2017-2021, hanya ada peningkatan sebesar 2,4-2,5 GW,” ujar Project Manager IESR, Agus P. Tampubolon.

Hal itu membuktikan bahwa pengembangan EBT di Indonesia terkesan lambat dan masih jauh dari target Bauran Energi 2025 yang mencapai 23 persen atau 3,6 GW.

Sebelumnya, kenaikan harga harga komoditas, terutama BBM, gas, dan batubara karena perang Ukraina-Rusia telah memicu beberapa negara Eropa untuk melakukan kemandirian energi, dengan penerapan energi terbarukan (EBT).

Rusia merupakan eksportir migas terbesar di dunia, dan produksinya banyak digunakan oleh negara-negara di Uni Eropa. Sehingga ketika perang memanas dan Rusia menghentikan pasokan, negara-negara Eropa ketar-ketir.

Penasehat Jerman, Olaf Scholz menyebutkan bahwa energi terbarukan ini sangat diperlukan, terutama untuk menyelamatkan Jerman dari krisis energi. Dilansir dari badan Energi Internasional, Jerman bergantung pada minyak Rusia dan hampir 50 persen gas.

“Semakin cepat kita mendorong perluasan energi terbarukan, semakin baik,” ujar Scholz dilansir dari DW.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024