Stories - 09 January 2023

Kisah Pulau Terkutuk yang Tewaskan 9 Keluarga di Italia

Sekitar 30 meter dari Teluk Napoli yang terkenal akan keelokannya, terlihat sebuah pulau bernama Isola La Gaiola, sebuah pulau yang disebut terkutuk.


Pulau terkutuk, Pulau Isola La Gaiola di Italia yang sudah menewaskan sekitar 9 keluarga. - Wikimedia Common -

Context.id, JAKARTA - Sekitar 30 meter dari Teluk Napoli di Italia yang terkenal akan keelokannya, terlihat sebuah pulau bernama Isola La Gaiola, sebuah pulau yang disebut terkutuk.

Julukan ini diberikan karena banyak pemilik dari pulau tersebut yang mengalami nasib mengenaskan, tak lama setelah mereka membeli pulau itu, atau bahkan sebelum membeli pulau. Mulai dari krisis ekonomi, pembunuhan, tenggelam, hingga bunuh diri.

Kisah ini bermula pada awal abad ke-19. Dikutip dari Times of India, saat itu Pulau Isola La Gaiola dihuni oleh seorang pertapa yang dikenal sebagai The Wizard atau II Mago. Sebutan itu pun diberikan karena ia hidup sangat menyendiri, kecuali sesekali mendapat bantuan dari nelayan setempat. Namun pada suatu saat, ia menghilang begitu saja tanpa jejak dan tidak pernah kelihatan lagi.

Saat itulah, seorang pengusaha perikanan bernama Luigi de Negri membeli pulau itu dan hidup di tempat tersebut. Ia pun membangun villa yang luas yang masih ada sampai saat ini. Sayangnya, beberapa tahun kemudian, bisnis perikanannya mengalami kegagalan dan ia pun bangkrut. 

Pada 1911, seorang kapten kapal, Gaspare Albenga sedang mengemudikan kapalnya di sekitar pulau. Ia pun baru mempertimbangkan untuk membelinya, tetapi sebelum ia berhasil membeli, kapalnya menabrak batu dan tenggelam. Diketahui, beberapa sumber bahkan mengatakan kapten itu tidak tenggelam, melainkan benar-benar menghilang bersama dengan kapalnya sendiri. 

Lalu hampir satu dekade kemudian, villa itupun dimiliki oleh seorang kaya raya yang berasal dari Swiss, Hans Braun. Naasnya tak lama kemudian, tubuhnya ditemukan terbungkus permadani, sementara istrinya tewas tenggelam di laut. 

Kemudian, pulau itu pun langsung diambil alih oleh Otto Grunbeck yang ternyata bernasib sama. Ia ditemukan meninggal dunia karena serangan jantung, sesaat setelah ia baru membeli villa di Pulau Isola La Gaiola. 

Namun, tampaknya banyak orang tetap penasaran pada pulau terkutuk ini. Pasalnya, setelah deretan peristiwa naas menimpa pemilik Isola La Gaiola, ada sekitar empat orang lagi yang masuk ke rumah sakit jiwa, mengalami kebangkrutan, kematian tragis keluarganya, hingga nasib buruk yang beragam, sesaat setelah mereka membeli pulau ini.


 

Bagaimana Nasib Pulau Isola La Gaiola Saat Ini?

Sejak kasus terakhirnya pada 1978, Pulau Gaiola berada di bawah kendali pemerintah dengan dijadikannya cagar laut, Taman Bawah Laut Gaiola (Parco Sommerso at Gaiola). Adapun saat ini sudah tidak ada satupun manusia yang tinggal di pulau tersebut.  


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024