Stories - 14 April 2022

Mobil Listrik Masih Ada Kekurangannya, Apa Saja?

Mobil listrik menjadi primadona karena di glorifikasi ramah lingkungan. Tapi, masih ada satu masalah besar dari mobil listrik, yakni soal baterainya.

Context.id, JAKARTA – Mobil listrik menjadi primadona di dunia karena di glorifikasi ramah lingkungan, praktis, efisiensi, serta sederet keunggulan lainnya. Ini dinilai ideal dalam mencapai energi berkelanjutan, tapi nyatanya masih ada satu masalah besar dari mobil listrik, yakni soal baterainya.

Dilansir dari MyEV, salah satu komponen mobil listrik yang masa pemakaiannya paling singkat adalah baterai. Biasanya hanya dapat bertahan selama 8-10 tahun. Setelahnya, manfaat hijau dari baterai akan memudar.

“Baterai yang ada di semua mobil listrik AS setidaknya memiliki garansi selama 8 tahun atau 100.000 mil. Lalu, produsen mobil Kia memiliki garansi sekitar 10 tahun atau jarak 100.000 mil juga,” melansir MyEV.

Pada akhirnya, baterai yang mengandung zat lithium akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Sel-sel dari baterai akan melepaskan racun yang mencemari alam, memicu kebakaran, dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dinas Lingkungan Amerika (2021) melaporkan bahwa sudah ada 65 kebakaran di 16 tempat pembuangan limbah kota yang diakibatkan oleh baterai lithium-ion. Angka inipun meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dilaporkan dari tadinya hanya 2 kebakaran yang terdapat di satu fasilitas pada 2013, kini meningkat menjadi 65 kebakaran yang berada di 16 fasilitas pada 2020,” ujar Dinas Perlindungan Lingkungan Amerika dalam laporannya.

Di Indonesia sendiri juga pernah ada kasus serupa akibat baterai lithium, yakni di Desa Cinangka, Bogor.

Berdasarkan info dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), saat itu baterai bekas tidak didaur ulang dengan benar sehingga terjadi pencemaran besar-besaran pada lingkungan dan berdampak pada anak-anak yang tinggal di Cinangka.

Agar kejadian serupa tak lagi terulang, perlunya pengelolaan limbah baterai listrik dengan cara mendaur ulang. Terlebih, permasalahan limbah baterai ini menjadi perhatian karena mobil listrik tengah mengalami lonjakan. Hal ini terbukti dari data European Automobile Manufacturers Association (ACEA) yang menyatakan adanya peningkatan penjualan mobil listrik pada 2020 di Eropa, dan diprediksi lebih meningkat pada 2021-2022.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024