Unfold - 29 December 2022

Pilpres Masih 2024, Kenapa Deklarasi Capres Sekarang?

Di saat Pilpres selanjutnya baru akan diselenggarakan pada 2024, beberapa partai politik (parpol) telah melakukan deklarasi capres lebih dulu.

Context, JAKARTA - Di saat Pemilihan Presiden (Pilpres) selanjutnya baru akan diselenggarakan pada 2024, beberapa partai politik (parpol) telah melakukan deklarasi calon presiden untuk pilpres 2024 nanti.

Beberapa di antaranya adalah Anies Baswedan yang dideklarasikan Partai Nasional Demokrat (NasDem), kemudian Ganjar Pranowo yang diusung oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Prabowo, Ketua Umum Gerindra yang untuk ketiga kalinya akan diusung capres oleh partainya sendiri.

Melihat fenomena ini, sebenarnya apa alasan di balik deklarasi capres yang dilakukan sangat ini?

Menurut pengamat politik milenial Arifki Chaniago, salah satu alasannya adalah agar parpol memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengenalkan capres 2024 yang diusungnya untuk meningkatkan elektabilitas. 

Contohnya, menurut tiga lembaga survei, yaitu SMRC, Indikator, dan Charta Politika, Ganjar Pranowo memiliki angka elektabilitas yang lebih tinggi dibandingkan Prabowo dan Anies. Namun, jika Prabowo dan Anies dapat memanfaatkan waktu yang panjang untuk mengenalkan diri ke masyarakat, bisa saja angka elektabilitasnya menyalip Ganjar.

Selain itu, deklarasi pasangan calon presiden lebih awal juga dapat memberikan edukasi kepada publik agar tidak termakan hoaks. Contohnya, seperti yang terjadi saat Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno menjadi calon wakil presiden pada 2019 lalu.

Pendeklarasiannya yang saat itu dilakukan pada detik-detik akhir membuat banyak masyarakat yang tidak terlalu mengenal mereka, sehingga akhirnya banyak yang termakan oleh hoaks.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024