Stories - 12 April 2022

Ini Fakta Rumah Kandang di Hong Kong yang Gak Manusiawi

Faktanya, masih ada warga Hong Kong yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka terpaksa tinggal di tempat tak layak karena kesulitan membeli rumah.

Context.id, JAKARTA – Faktanya, masih ada warga Hong Kong yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka terpaksa tinggal di tempat tidak layak karena kesulitan membeli rumah, salah satunya cage home atau rumah kandang.

Disebut rumah kandang karena memang mirip kandang. Luasnya saja hanya 4 meter persegi. Parahnya lagi, satu ruangan cage home disewakan dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar Rp3,2 juta- Rp7,7 juta per bulan.

Angka kemiskinan yang meningkat dan harga sewa tanah semakin tinggi, membuat permintaan cage home terus bertambah. Ini juga menyebabkan mereka sulit keluar dari tempat ini.

Melansir dari Departemen Sensus dan Statistik Hong Kong, setidaknya terdapat 200.000 orang yang tinggal di 88.000 unit rumah kandang. Hal ini berarti, terdapat beberapa unit rumah kandang yang ditinggali lebih dari satu orang.

Penghuni dari cage home bermacam-macam. Mulai dari orang tua, pekerja miskin, pecandu narkoba, hingga orang yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ). Oleh karena itu, cage home ini membawa dampak negatif bagi kesehatan masyarakat di sana. Pasalnya, mereka harus membagi satu dapur, satu kamar mandi dengan orang yang ada di ruangan tersebut setiap harinya.

Apalagi ketika gelombang pandemi menyerang daerah tersebut dan adanya kebijakan lockdown, rumah kandang ini menjadi sarang perputaran penyakit.

 

 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Tuai Pro-Kontra, Parlemen Swedia Sahkan Revisi UU Pergantian Kelamin

Parlemen Swedia telah mengesahkan revisi undang-undang baru yang memudahkan seseorang untuk mengubah jenis kelamin mereka

Context.id | 19-04-2024

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024