Stories - 14 December 2022

Mengenal Stiff Person Syndrome yang Dialami Celine Dion

Pelantun lagu My Heart Will Go on, Celine Dion menyatakan bahwa dirinya harus menunda tur-nya setelah didiagnosis stiff-person syndrome.


Celine Dion menyatakan bahwa dirinya harus menunda tur-nya setelah didiagnosis stiff-person syndrome.

Context.id, JAKARTA - Pelantun lagu “My Heart Will Go on”, Celine Dion menyatakan bahwa dirinya harus menunda tur-nya di Eropa setelah ia didiagnosis dengan gangguan neurologis langka, stiff-person syndrome. “Sementara kita masih belajar tentang kondisi langka ini, kita sekarang tahu inilah yang menyebabkan semua kejang yang saya alami,” ujar Celine. 

Penyakit itu membuat ia menjadi  lebih mudah terkena tekanan emosional jika ada rangsangan suara, suhu ekstrem, dan cahaya. Adapun tekanan emosional itu akan membuat ototnya menjadi kaku dan kejang.

Menurut Stiff Person Syndrome Research Foundation, kejang otot yang dialami Celine Dion bisa sangat keras, hingga sendi menjadi terkilir bahkan patah tulang. Lebih lanjut, penyakit ini juga menyebabkan adanya gangguan kecemasan yang cukup parah. Oleh karena itulah, penyakit tersebut sudah mengganggu kemampuan Celine untuk bernyanyi dan berjalan. 

Diketahui, gangguan stiff-person syndrome ini lebih banyak menyerang perempuan daripada laki-laki. Dikutip dari Rare Diseases, sekitar 5.000 orang di AS yang memiliki kelainan penyakit tersebut. 

Melansir dari CBS News, hal ini menyebabkan pengidapnya akan takut untuk meninggalkan rumah, karena suara jalanan seperti klakson dapat dengan mudah memicu kejang dan kakunya otot.

Adapun hal ini disebabkan oleh peningkatan aktivitas otot karena penurunan komponen autoimun dan sering dikaitkan dengan diabetes, serta penyakit autoimun lainnya, seperti tiroiditis (peradangan pada kelenjar tiroid), vitiligo (penyakit yang menyebabkan warna kulit memudar), dan anemia pernisiosa (kondisi kekurangan sel darah merah).

Selain itu, gangguan ini sering disalah artikan sebagai gangguan autoimun lainnya, seperti penyakit Parkinson (penyakit pada sistem syaraf yang mengganggu kemampuan tubuh dalam mengontrol gerakan dan keseimbangan) serta gangguan kecemasan ataupun fobia. 



 

Apakah Dapat Disembuhkan?

Biasanya, perawatan untuk penyakit ini adalah obat dengan kandungan diazepam dengan dosis yang tinggi (valium). Obat ini merupakan obat yang sering digunakan untuk membantu meredakan kecemasan dan membantu orang yang ketergantungan alkohol.  

Selain itu, para penderita juga sering mengonsumsi sejumlah obat antikonvulsan, seperti obat gabapentin dan tiagabine. Namun, diketahui pula bahwa perawatan tersebut dapat memperbaiki gejalanya dan bukan untuk menyembuhkan gangguan. 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Siomay Peringkat 1 Cemilan Terlezat Dunia

Setelah Rendang dan Sate, kini Siomay diakui sebagai salah satu dumpling atau cemilan berbahan pangsit terbaik dunia

Context.id | 25-04-2024

Kampus Elit AS Protes Genosida Gaza, Mengulang Sejarah Demo Perang Vietnam?

Periode 50-60an, mahasiswa dari berbagai kampus di Amerika Serikat melakukan unjuk rasa menolak keterlibatan AS dalam Perang Vietnam

Context.id | 25-04-2024

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024