Stories - 07 December 2022

5 Artis yang Berduka Atas Kematian Lord Rangga

Lord Rangga atau yang bernama lengkap Ki Ageng Rangga Sasana menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (7/12/2022) pukul 05.39 WIB di RS Mutiara Bunda


Potret Lord Rangga. - Instagram @lordranggaofficial -

Context.id, JAKARTA - Lord Rangga atau yang bernama lengkap Ki Ageng Rangga Sasana menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (7/12/2022) pukul 05.39 WIB di RS Mutiara Bunda Tanjung, Brebes, Jawa Tengah. 

Semasa hidupnya, Lord Rangga yang terkenal sebagai petinggi Sunda Empire ini mengaku pernah menjadi Pemangku Bumi dan Pemimpin Dunia Tatanan Baru, serta menjadi Pemimpin Besar Revolusi Sistem Dunia III. Selain itu, ia juga pernah mengaku menjadi Ketua Dewan Bawang Merah RI periode 2011-2016.

Tidak hanya itu, gagasan Lord Rangga juga pernah menghebohkan Tanah Air. Pasalnya, ia pernah menyatakan bahwa Sunda Empire akan melahirkan tatanan bumi yang baru dan akan menyelamatkan bumi serta seluruh warganya. Selain itu, ia juga pernah membahas tentang Amerika yang disebut-sebut dimerdekakan oleh Banten. 

“Amerika mandatnya dari mana? Dari Sultan Abdul Mufakir pada saat itu. Dari paman Sultan Ki Ageng Tirtayasa kemudian diteruskan ke Sultan Abdul Mufakir memerdekakanlah pada saat itu Amerika. Makanya, Banten punya seri (plat) mobil A, yaitu Amerika,” ujar Lord Rangga. 

Oleh karena ujarannya itulah, namanya menjadi melejit dan tak lama kemudian, ia dan tiga orang temannya dijatuhi hukuman dua tahun penjara karena dianggap menyebarkan berita bohong. Namun setelah ia dibebaskan, namanya kembali bersinar hingga diundang ke berbagai acara televisi swasta dan kanal Youtube artis Indonesia. 

Oleh karena itu, sejumlah artis pun menyampaikan belasungkawanya atas meninggalnya Lord Rangga. Mulai komedian Coki Pardede, Vicky Prasetyo, Dustin Tiffani, Raden Reza Pramadia, dan tokoh ternama lainnya. 

Selain itu, banyak warganet yang juga menyampaikan ucapan turut berduka cita. Pasalnya, mereka mengaku seringkali terhibur dengan celetukan dari Lord Rangga. “Tatanah ‘new world’ yang pernah Lord Rangga usulkan, kini terkubur bersama jasadmu di tanah. Terima kasih, Lord. Tidurlah dengan tenang di sana, perjuangan akan kami lanjutkan,” ujar akun Twitter @txt***.


 

Siapa Aslinya Lord Rangga?

Dikutip dari Tempo, Lord Rangga atau yang dikenal pula dengan Rangga Sasana bukanlah nama asli dari petinggi Sunda Empire ini. Pasalnya, nama aslinya adalah Edi Raharjo. Diketahui ia adalah putra dari Alm. Murwat dan Siyem/Siyong.

Sehari-hari, ia tinggal di rumah sederhana yang berada di Desa Grinting Rt 07 RW 05 di Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Di sana, ia sering mendapat kunjungan dari rekan-rekannya dan mengadakan pertemuan setiap harinya. 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024