Share

Stories 11 April 2022

Ramadan Jadi Bulan yang Konsumtif?

Bulan Ramadan ternyata mengubah masyarakat Indonesia. Salah satu yang terlihat adalah di mana sebagian masyarakat menjadi konsumtif.

Context.id, JAKARTA - Bulan Ramadan ternyata mengubah masyarakat Indonesia. Ada yang menjadi lebih religius karena fokus beribadah, tapi ada juga perubahan yang membuat sebagian masyarakat menjadi konsumtif.

Melansir dari HLB Global, perusahaan penasihat akutansi global menyatakan, masyarakat justru konsumtif saat berbuka puasa dengan menggunakan kedok ngabuburit. Tagihan makanan cenderung meningkat 50-100 persen pada Ramadan. Selain itu, 83 persen keluarga juga merubah kebiasaan konsumsi makanannya selama bulan ini.

Tak hanya mengenai makanan, masyarakat Indonesia juga biasanya belanja besar-besaran, seperti mengirim parsel, renovasi rumah, ataupun berbelanja baju baru untuk hari raya Idul Fitri. Berdasarkan survei dari InMobi, sebanyak 28 persen responden berencana menghabiskan setidaknya Rp 2-3 juta untuk berbelanja di Ramadan 2022. Angka inipun naik dari tahun sebelumnya yang hanya 19 persen.

Menurut Guru Besar Sosiologi Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Alfitri, perilaku konsumtif jelang Lebaran merupakan bagian dari upaya masyarakat untuk mempersiapkan sebaik mungkin momen yang sakral. Selain itu, Lebaran juga menjadi ajang untuk membuktikan hierarki sosial keluarga tersebut.

“Kecenderungan konsumtif itu timbul atas asumsi Idulfitri adalah momen sakral. Kebanyakan muslim ingin mempersiapkan segala sesuatu dengan sempurna, jadi semua pendanaan ekonomi keluarga yang sudah dikumpulkan selama satu tahun, akan ditumpahkan saat Lebaran,” jelas Prof. Alfitri.

Menurutnya, perilaku tersebut memiliki sisi positif dan negatifnya tersendiri. Jika dilihat dari kacamata ekonomi, perilaku konsumtif  berhasil menggerakkan aspek ekonomi, sosial, dan budaya secara bersamaan. Selain itu, desa-desa juga diuntungkan karena peredaran uang dibawa masyarakat ke desa.

Di sisi lain, mayoritas masyarakat masih mementingkan simbolisme selama Lebaran. Alhasil sikap tersebut memunculkan perilaku mubazir, karena banyak barang atau makanan yang sebenarnya tidak diperlukan, tapi dibeli.

“Karena ingin sempurna semua di beli, makanan disediakan banyak-banyak, baju pasti beli baru, ada juga yang beli motor, mobil sampai rumah baru. ada dorongan ingin menampilkan kesuksesan karena hari raya adalah dianggap momen yang tepat memperlihatkan kesuksesan,” ujar Prof. Alfitri.

Selain itu, perilaku konsumtif juga muncul karena adanya THR. Dilansir dari Antara, memang tujuan THR adalah menggerakan ekonomi negara, tetapi kadangkala kehadiran THR justru membuat keluarga tidak dapat menyeimbangkan antara pengeluaran dan penghematan.

“Lebaran ini terjadi setiap tahun, semestinya ada pembelajaran mengenai pentingnya kerangka penghematan, memperingati hari besar cukup dengan hal-hal sederhana saja, karena intinya silaturahmi tetap jalan,” ujar Prof. Alfitri.

 



Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

Stories 11 April 2022

Ramadan Jadi Bulan yang Konsumtif?

Bulan Ramadan ternyata mengubah masyarakat Indonesia. Salah satu yang terlihat adalah di mana sebagian masyarakat menjadi konsumtif.

Context.id, JAKARTA - Bulan Ramadan ternyata mengubah masyarakat Indonesia. Ada yang menjadi lebih religius karena fokus beribadah, tapi ada juga perubahan yang membuat sebagian masyarakat menjadi konsumtif.

Melansir dari HLB Global, perusahaan penasihat akutansi global menyatakan, masyarakat justru konsumtif saat berbuka puasa dengan menggunakan kedok ngabuburit. Tagihan makanan cenderung meningkat 50-100 persen pada Ramadan. Selain itu, 83 persen keluarga juga merubah kebiasaan konsumsi makanannya selama bulan ini.

Tak hanya mengenai makanan, masyarakat Indonesia juga biasanya belanja besar-besaran, seperti mengirim parsel, renovasi rumah, ataupun berbelanja baju baru untuk hari raya Idul Fitri. Berdasarkan survei dari InMobi, sebanyak 28 persen responden berencana menghabiskan setidaknya Rp 2-3 juta untuk berbelanja di Ramadan 2022. Angka inipun naik dari tahun sebelumnya yang hanya 19 persen.

Menurut Guru Besar Sosiologi Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Alfitri, perilaku konsumtif jelang Lebaran merupakan bagian dari upaya masyarakat untuk mempersiapkan sebaik mungkin momen yang sakral. Selain itu, Lebaran juga menjadi ajang untuk membuktikan hierarki sosial keluarga tersebut.

“Kecenderungan konsumtif itu timbul atas asumsi Idulfitri adalah momen sakral. Kebanyakan muslim ingin mempersiapkan segala sesuatu dengan sempurna, jadi semua pendanaan ekonomi keluarga yang sudah dikumpulkan selama satu tahun, akan ditumpahkan saat Lebaran,” jelas Prof. Alfitri.

Menurutnya, perilaku tersebut memiliki sisi positif dan negatifnya tersendiri. Jika dilihat dari kacamata ekonomi, perilaku konsumtif  berhasil menggerakkan aspek ekonomi, sosial, dan budaya secara bersamaan. Selain itu, desa-desa juga diuntungkan karena peredaran uang dibawa masyarakat ke desa.

Di sisi lain, mayoritas masyarakat masih mementingkan simbolisme selama Lebaran. Alhasil sikap tersebut memunculkan perilaku mubazir, karena banyak barang atau makanan yang sebenarnya tidak diperlukan, tapi dibeli.

“Karena ingin sempurna semua di beli, makanan disediakan banyak-banyak, baju pasti beli baru, ada juga yang beli motor, mobil sampai rumah baru. ada dorongan ingin menampilkan kesuksesan karena hari raya adalah dianggap momen yang tepat memperlihatkan kesuksesan,” ujar Prof. Alfitri.

Selain itu, perilaku konsumtif juga muncul karena adanya THR. Dilansir dari Antara, memang tujuan THR adalah menggerakan ekonomi negara, tetapi kadangkala kehadiran THR justru membuat keluarga tidak dapat menyeimbangkan antara pengeluaran dan penghematan.

“Lebaran ini terjadi setiap tahun, semestinya ada pembelajaran mengenai pentingnya kerangka penghematan, memperingati hari besar cukup dengan hal-hal sederhana saja, karena intinya silaturahmi tetap jalan,” ujar Prof. Alfitri.

 



Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi


RELATED ARTICLES

Siapakah Kim Keon-hee, ‘Lady Macbeth’ Korea Selatan?

Saat suaminya, Presiden Yoon Suk-yeol, dimakzulkan oleh parlemen, banyak yang menyalahkan Kim atas kejatuhan politik sang presiden

Context.id . 20 December 2024

Badan Antariksa Eropa Membuat Gerhana Matahari Buatan, Untuk Apa?

Badan Antariksa Eropa (ESA) meluncurkan Proba-3, wahana luar angkasa yang bertujuan menciptakan gerhana matahari buatan

Context.id . 20 December 2024

Harta Karun Tersembunyi di Hutan Afrika

Rumah bagi keanekaragaman hayati dan penyerap karbon yang tak ternilai

Context.id . 20 December 2024

Jepang dan India Kembangkan Satelit Laser Atasi Sampah Luar Angkasa

Sistem laser akan menghentikan perputaran sampah antariksa dan mengecilkannya sehingga pesawat perbaikan bisa menangkapnya

Context.id . 20 December 2024