Stories - 24 November 2022

Kepulauan Widi Dilelang, Bagaimana Faktanya?

Pelelangan tersebut dilakukan oleh situs lelang asing Sothebys Concierge Auctions yang berasal dari Amerika Serikat.


Pulau Widi, salah satu pulau di Kepualauan Widi. -halmaheraselatankab.go.id-

Context, JAKARTA - Masyarakat Indonesia cukup dikejutkan dengan tersiarnya kabar mengenai dilelangnya Kepulauan Widi yang terletak di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Pelelangan tersebut dilakukan oleh situs lelang asing Sotheby’s Concierge Auctions yang berasal dari Amerika Serikat.

Hal ini pun langsung ditanggapi oleh Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi. Menurutnya, saat ini Kepulauan Widi tidak dimiliki oleh pihak manapun. Sebab, ia menyebutkan bahwa ada peraturan di Indonesia yang melarang kepemilikan pulau-pulau kecil secara utuh.

“Pulau kecil hanya bisa dikelola oleh privat/individu tertentu dengan batasan area maksimal tertentu,” jelas Jodi, dikutip dari Antara.

Menurutnya, saat ini Kepulauan Widi sudah mengantongi izin pengelolaan antara Provinsi setempat dengan pihak Swasta, yaitu PT Leadership Islands Indonesia (LII). Namun, sejak diterbitkannya izin, hingga sekarang belum ada kabar mengenai realisasi pembangunan.

Jodi menjelaskan ika perizinan pengelolaan pulau-pulau kecil sudah dikantongi oleh pihak swasta, maka setiap kerja sama yang akan dilakukan dengan pihak asing harus dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. 

"Bagi pihak-pihak yang berminat untuk mengelola, bukan memiliki, kawasan pulau kecil harus mendapatkan izin dari pemerintah. Jika sampai ada pelanggaran dari ketentuan perundangan, bisa ada sanksi yang bisa dikenakan," tuturnya.

Lanjutnya, Jodi mengatakan bahwa rakyat tidak perlu khawatir mengenai kabar yang mengancam kedaulatan Indonesia ini. Pasalnya, kedaulatan Indonesia atas setiap pulau yang ada di dalamnya sudah diakui dunia.


Keindahan Kepulauan Widi

Melansir situs resmi Kabupaten Halmahera Selatan, Kepulauan Widi adalah kepulauan terindah yang berada di Provinsi Maluku Utara. Kepulauan Widi sendiri berada di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane TImur Selatan.

Pulau-pulau yang ada di dalamnya memiliki keindahannya masing-masing. Ada yang memiliki hamparan pasir putih, dihiasi laut jernih bagaikan kristal, dan ada pula yang memiliki keindahan alam bawah laut dengan hamparan terumbu karang dan ikan-ikannya.

Kepulauan Widi terdiri dari 99 pulau, 3 atol (pulau dengan laguna), serta dua gugusan pulau yakni Pulau Daga Gane dan Daga Weda yang sangat dikenal oleh nelayan setempat karena kekayaan ikannya. 

Keindahan Kepulauan Widi menjadikannya lokasi unggulan untuk diselenggarakannya berbagai festival. Salah satunya, seperti Festival International Fishing Tournament yang sempat dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2017.

Kepulauan Widi juga dikatakan cukup terkenal di kalangan wisatawan asing. Dilansir Bisnis, keindahan pantai dan lautan yang ada di Kepulauan Widi membuat wisatawan Asing menyebutnya sebagai Maldivesnya Indonesia.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024