Stories - 18 November 2022

Daftar Piala Dunia Termahal, Qatar Paling Fantastis!

Untuk menyukseskan ajang olahraga yang paling bergengsi ini, tuan rumah piala dunia kerap mengeluarkan biaya yang fantastis.


Trofi Piala Dunia. -FIFA-

Context, JAKARTA - Piala Dunia yang dihelat setiap empat tahun sekali menjadi gelaran olahraga internasional yang paling bergengsi. Tak jarang, tuan rumah penyelenggara akan mengeluarkan biaya yang fantastis hanya untuk melancarkan jalannya ajang turnamen sepak bola antar negara ini.

Pada 20 November 2022, Piala Dunia yang mempertemukan tim nasional (timnas) dari 32 negara ini dimulai. Dilansir Bisnis, akan ada kejutan yang disiapkan oleh Qatar sebagai tuan rumah pada opening ceremony-nya.

Persiapan seperti ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa Piala Dunia Qatar menjadi yang termahal. Selain Qatar, berikut 5 negara dengan biaya persiapan Piala Dunia termahal:


1. Qatar (2022) - Rp4.272 triliun

Dilansir khelnow.com, kabar mahalnya biaya pembangunan Piala Dunia di Qatar sudah tercium jauh sebelum ajang ini dimulai. Qatar telah mengeluarkan biaya sebesar 229 miliar poundsterling atau berkisar Rp4.272 triliun.

Biaya selangit yang dikeluarkan Qatar tersebut bukan hanya untuk membangun stadion saja. Mengingat wilayah negaranya yang kecil, Qatar berusaha untuk melengkapi fasilitas lainnya yang dapat menunjang timnas dan suporter dari negara lain, seperti hotel dan tempat latihan.


2. Brasil (2014) - Rp291 triliun

Piala dunia Brasil adalah salah satu piala dunia terpenting karena menandai masuknya teknologi ke Piala Dunia. Saat itu, teknologi yang pertama kali digunakan adalah teknologi garis gawang dan tes anti-doping. 

Namun, kebanyakan uang yang dikeluarkan Brasil adalah untuk berinvestasi pada renovasi sejumlah stadion-stadion lama. Anggaran yang dikeluarkan cukup besar yaitu sekitar 15,6 miliar poundsterling atau Rp291 triliun. Alasannya karena Brasil sekaligus mempersiapkan perhelatan Olimpiade 2016 di kota Rio de Janeiro.


3. Rusia (2018) - Rp223 triliun

Sebagai tuan rumah piala dunia, Rusia mempersiapkan dana sebesar 12 miliar poundsterling atau berkisar Rp223 triliun. Dana tersebut dikeluarkan untuk membangun stadion-stadion unik dan berteknologi tinggi, termasuk mengimpor rumput dari negara lain.

Piala Dunia Rusia bisa dibilang menjadi salah satu yang berkesan. Pasalnya, saat itu beredar desas desus ancaman bom dari kelompok teroris, ISIS.


4. Korea dan Jepang (2002) - Rp136 triliun

Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang adalah Piala Dunia yang pertama kali dihelat di Benua Asia. Untuk membangun infrastruktur olahraga di negara mereka, kedua negara telah mengeluarkan sekitar 7,3 miliar poundsterling atau berkisar Rp136 triliun.

Banyak kejutan yang terjadi pada Piala Dunia ini, seperti Korea Selatan yang berhasil melaju jauh di turnamen, dan hampir 3 juta suporter dari berbagai belahan dunia yang hadir di dua negara tersebut. 


5. Jerman (2006) - Rp83 triliun

Meski Jerman merupakan salah satu kiblat sepak bola yang sudah memiliki banyak stadion berkualitas tinggi, namun Jerman tetap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk Piala Dunia 2006. 

Diperkirakan sekitar 4,5 miliar poundsterling atau Rp83 triliun dikeluarkan Jerman untuk persiapan Piala Dunia kala itu. Hasilnya, Jerman sukses besar dalam penyelenggaraan Piala Dunia. Rata-rata kehadiran suporter di setiap pertandingan pun cukup tinggi, yaitu sekitar 52.491 suporter.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam

Ririn oktaviani | 17-05-2024