Stories - 16 November 2022

Rudal Rusia Nyasar, AS dan Sekutu Rapat Darurat di Bali

Saat KTT G20 sedang berlangsung, Kementerian Luar Negeri Polandia mengabarkan bahwa rudal Rusia telah jatuh di wilayahnya.


Lokasi jatuhnya rudal Rusia di Polandia. -Twitter/@YWNReporter-

Context, JAKARTA - Saat KTT G20 sedang berlangsung, Kementerian Luar Negeri Polandia mengabarkan bahwa rudal Rusia telah jatuh di wilayahnya. Insiden tersebut mengakibatkan dua orang tewas.

Rudal yang diidentifikasi buatan Rusia ini dikabarkan jatuh di sebuah desa bernama Przewodow yang terletak sekitar 6 km dari perbatasan Ukraina. Dilansir Bisnis, rudal yang “nyasar” tersebut mengakibatkan kebakaran besar dan menghantam fasilitas pengeringan biji-bijian.

Jatuhnya rudal Rusia di Polandia dinilai sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, Polandia sendiri merupakan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Sehingga, sesuai dengan komitmen para anggota, jika Rusia melakukan serangan ke negara anggota NATO, maka hal tersebut akan memperluas konflik Rusia dan Ukraina. 

Setelah adanya serangan ini, juru bicara Piotr Muller menyatakan bahwa Polandia akan memperkuat pertahanannya, serta meminta konsultasi dengan sekutunya berdasarkan Pasal 4 perjanjian NATO.


Anggota NATO Lakukan Rapat Darurat di Bali

Setelah mendengar kejadian ini, negara-negara barat yang menjadi sekutu dari Polandia langsung menyampaikan dukungannya kepada Presiden Polandia. Seperti yang dilakukan Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru, Rishi Sunak. 

Melalui akun Twitternya, Rishi Sunak mengatakan bahwa ia telah berbicara kepada Presiden Polandia Andrzej Duda. “Saya menegaskan kembali solidaritas Inggris dengan Polandia dan menyatakan belasungkawa untuk para korban,” tulis Sunak di akun Twitternya.

Lanjutnya, ia juga mengatakan bahwa koordinasi dengan negara anggota NATO akan terus dilakukan untuk membahas serangan ini. “Kami akan tetap berhubungan dekat dan terus berkoordinasi dengan sekutu NATO kami,”

Selain Rishi Sunak, Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga telah menyampaikan dukungannya terhadap Polandia. Bahkan, ia menawarkan untuk membantu Polandia dalam melakukan investigasi.

“Saya berbicara dengan Presiden Polandia Andrzej Duda untuk menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas hilangnya nyawa di Polandia Timur dan menawarkan dukungan penuh kami untuk penyelidikan Polandia atas ledakan tersebut,” tulis Biden, dikutip dari akun Instagramnya.

Di sela-sela acara KTT G20 yang sedang berlangsung di Bali, dikabarkan bahwa Biden mengadakan pertemuan darurat dengan negara-negara sekutunya untuk membahas rudal Rusia yang “nyasar” tersebut. 

Pemimpin yang hadir dalam pertemuan tersebut antara lain PM Inggris Rishi Sunak, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, serta PM Jepang Fumio Kishida.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam

Ririn oktaviani | 17-05-2024