Stories - 14 November 2022

Intip Kecanggihan Air Force One Milik Presiden AS

Air Force One telah menjelma menjadi salah satu simbol kepresidenan Amerika Serikat yang paling terkenal di dunia.


Pesawat Air Force One. -White House-

Context, JAKARTA - Hampir setiap kepala negara di seluruh dunia memiliki pesawat khusus untuk perjalanan kenegaraannya. Salah satu yang paling terkenal adalah pesawat kepresidenan Amerika Serikat (AS), Air Force One.

Secara teknis, Air Force One adalah semacam kode atau nama panggilan radio yang diperuntukan kepada setiap pesawat pembawa presiden AS. Namun menurut laman resmi White House, istilah Air Force One berubah menjadi sebuah “nama” untuk pesawat khusus presiden.

Pesawat khusus presiden AS yang dimaksud adalah dua buah pesawat jet Boeing 747-200B yang diberi nama VC-25A, dengan nomor ekor 28000 dan 29000. Kini, Air Force One menjadi salah satu simbol kepresidenan yang paling terkenal. Pesawat tersebut dihiasi dengan tulisan “United States of America”, bendera AS, dan logo Presiden AS.

Air Force One sendiri dikelola dan dioperasikan oleh Presidential Airlift Group yang merupakan bagian dari Kantor Militer Gedung Putih. Airlift Group sendiri didirikan pada 1944 sebagai Kantor Pilot Kepresidenan atas arahan Presiden Franklin D. Roosevelt.


Fasilitas Air Force One

Mengutip Aerotime Hub, pesawat kepresidenan AS ini memiliki ruangan seluas 4.000 kaki persegi, atau sekitar 1.200 meter persegi. Ruangan yang terdapat di dalam pesawat dibuat selayaknya ruangan hotel atau kantor eksekutif. Namun, setiap bangku tetap dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Tingkat terendah pesawat sebagian besar diperuntukan sebagai ruang kargo. Kemudian, ruang penumpang berada di tingkat tengah. Untuk tingkat atas, sebagian besar difungsikan sebagai ruangan komunikasi.

Ruangan presiden sendiri dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi, ruang kantor, dan bahkan ruang olahraga. Selain ruangan presiden, terdapat pula ruangan konferensi, ruangan medis yang dilengkapi dengan seorang dokter di dalamnya, dan dapur pesawat yang dapat memasak hingga 100 porsi sekaligus.

Selain tempat istirahat untuk presiden, pesawat ini juga menyediakan tempat istirahat untuk jajaran petugas negara yang menemani perjalanan presiden, seperti penasihat senior, pasukan pengaman presiden, pers, dan lain-lain.

Pesawat Air Force One juga dilengkapi oleh teknologi-teknologi penerbangan yang canggih. Diketahui, pesawat ini mampu mengisi bahan bakar di udara, sehingga memiliki jangkauan yang tak terbatas. 


Kecanggihan Fitur Elektronik Air Force One

Salah satu yang menjadi fitur unggulan dalam pesawat adalah peralatan komunikasi dan elektronik yang sangat canggih. Bahkan, pesawat ini dapat difungsikan sebagai pusat komando bergerak sebagai langkah antisipasi jika terjadi serangan di Amerika Serikat. 

Untuk sistem komunikasinya, pesawat ini dilengkapi dengan 85 telepon onboard, radio dua arah, mesin faks, dan koneksi komputer. Selain itu, pesawat  juga dilengkapi dengan 19 televisi. Air Force One juga dilengkapi dengan saluran telepon yang sangat aman dan canggih, sehingga membuat presiden dapat menghubungi siapa saja di seluruh dunia.

Kemudian, elektronik onboard pada pesawat mencakup sekitar 283 mil, dan perisai berat yang cukup kuat untuk melindungi kabel elektronik dari pulsa elektromagnetik yang terkait dengan ledakan nuklir.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024