Stories - 08 November 2022

Insan Logistik Raih Penghargaan BILA 2022, Siapa Saja?

Bisnis Indonesia Group menggelar ajang penganugerahan berskala nasional kepada para industriawan logistik dan rantai pasokan 2022. Berikut daftarnya!


Salah satu sesi acara dalam BILA 2022 yang diselenggarakan di Jakarta pada Selasa (8/11/2022). -Bisnis-

Context, JAKARTA - Bisnis Indonesia Group, Media ekonomi terbesar di Indonesia baru saja menggelar ajang penganugerahan berskala nasional kepada para industriawan logistik dan rantai pasokan 2022 pada Selasa (8/11/2022). Ajang tersebut dinamakan Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022.

Komisaris Bisnis Indonesia Group Soebronto Laras menjelaskan bahwa meskipun diterjang pandemi, sektor logistik dan rantai pasokan adalah sektor industri yang memiliki daya tahan dan kemampuan recovery yang baik. Bahkan, sektor ini merupakan sektor yang patut diperhitungkan sebagai ujung tombak usaha strategis yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang positif.

Soebronto Laras pun mengatakan bahwa para pelaku usaha di sektor ini telah membuktikan keberhasilan mereka dalam beradaptasi untuk menghadapi segala macam tekanan di masa pandemi.

“Para pekerja di garis depan yaitu kalangan profesionalnya, nakhodanya, sopirnya, pilot kargonya, hingga para top manajemennya, sangat tak berlebihan bila kami sebut mereka sebagai para pahlawan yang bekerja dalam sunyi. Mereka berani menantang segala macam risiko demi tetap melayani masyarakat di mana pun berada secara tepat waktu,” ujar Soebronto.

Melihat berbagai kontribusinya dalam pemulihan ekonomi nasional, Bisnis Indonesia Group menilai bahwa perlu adanya apresiasi yang diberikan kepada seluruh insan logistik. Akhirnya, digelar lah ajang BILA 2022 sebagai pelopor acara penganugerahan bagi stakeholder di industri logistik dan rantai pasokan. 

Sejak pendaftaran dibuka pada 18 September hingga ditutup pada 1 Oktober 2022, ada lebih dari 100 perusahaan logistik dan rantai pasokan yang berpartisipasi. Ada dua penghargaan utama dalam ajang ini, yaitu Regular Awards yang yang ditentukan para juri, dan Special Awards yang dipilih oleh Dewan Redaksi.

Pada Regular Awards, ada 10 penghargaan yang diperebutkan, dan para nominasinya dikelompokkan menjadi tiga fungsi, yaitu fungsi penyedia jasa logistik, operator infrastruktur logistik, dan institusi pendukung logistik & rantai pasokan. 

“Adapun aspek penilaian melingkupi cakupan jenis layanan, cakupan wilayah layanan, inovasi pelayanan, health & safety, kepedulian terhadap lingkungan, dan aspek lainnya,” jelas Ketua Umum Supply Chain Indonesia/SCI Setijadi.

Sementara itu, Special Awards adalah penghargaan yang diberikan kepada sejumlah perusahaan logistik dan institusi pemerintah daerah terpilih yang dipandang memiliki program terobosan dalam memajukan, mengembangkan, serta memberdayakan sektor logistik dan rantai pasokan hingga memiliki keunggulan komparatif. 

Berikut nama-nama penerima berbagai kategori penghargaan dalam BILA 2022:


Penerima Regular Award BILA 2022

- Third Party Logistics (3PL) of the Year: PT Kamadjaja Logistics
- CEO of the Year: Mohamad Feriadi Soeprapto (PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir) (JNE)
- Courier of the Year: JNE Express
- Government of the Year: Lembaga National Single Window, Kementerian Keuangan
- It Support of the Year: PT Mitra Semeru Indonesia – Power Commerce Asia
- Port Operator of the Year: PT IPC Terminal Petikemas
- Sea Freight Forwarder of the Year: PT Kamadjaja Logistics
- Supply Chain Innovator of the Year: PT Mitra Semeru Indonesia – Power Commerce Asia
- Trucking Company of the Year: PT Lookman Djaja Logistics
- Warehouse Provider of the Year: PT Cipta Krida Bahari (CKB Group)


Penerima Special Awards

- The Most Trusted Energy and Commodities National Shipping Company In International Shipping Routes: PT Pertamina International Shipping
- Excellent Integrated Communication Campaign In Marine Logistics Sector: PT Pertamina International Shipping
- The Fast-Emerging Integrated Logistics Service Company of the Year: PT Krakatau Jasa Logistik
- The Most Innovative CEO In Creating an International Industrial Non-Container Hub Port In Indonesia: M. Akbar Djohan (Krakatau International Port)
- The Most Overcoming Shipping Company In Handling Indonesia’s Maritime Highway Network: PT Pelni (Persero)
The Most Integrated Green Fishery Village Ecosystem Development In Regency: Pemerintah Kabupaten Tangerang


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024