Stories - 03 November 2022

Blackpink Dilarang Tampil di GBK, Gara-Gara Apa?

Rencana girl band asal Korea Selatan, Blackpink untuk menghibur puluhan ribu Blink (fans Blackpink) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).


Stadiun Utama Gelora Bung Karno. -gbk.id-

Context, JAKARTA - Rencana girl band asal Korea Selatan, Blackpink untuk menghibur puluhan ribu Blink (fans Blackpink) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta sepertinya tidak bisa terlaksana. Pasalnya, stadion bersejarah tersebut tengah dipersiapkan untuk gelaran Piala Dunia U-20.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan bahwa Stadion GBK sudah masuk ke daftar stadion yang disetujui FIFA untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20. Karena itu, sebelum Piala Dunia berakhir, gelaran konser musik dan kegiatan publik lainya dilarang untuk dilakukan di GBK.

“Itu (konser) pasti tidak boleh. Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan disetujui FIFA, November ini akan dimulai direnovasi. Yang sudah selesai (renovasi), stadionnya tidak diizinkan untuk digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain,” kata Zainudin dikutip dari Tempo.

Selain GBK, ada lima stadion lainnya yang sudah terdaftar untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20, antara lain Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.


Kapan Konser Blackpink dan Piala Dunia U-20 Dilaksanakan?

Dilansir dari unggahan instagram resminya, Blackpink akan memulai tur dunianya yang bertajuk Born Pink dari Bangkok pada 7-8 Januari 2023. Kemudian, dalam poster yang diunggah tersebut, Blackpink baru akan menyambangi Indonesia pada 11–12 Maret 2023. 

Sedangkan, dilansir bisnis.com, Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Perbedaan waktu yang hanya sekitar dua bulan tersebut dianggap terlalu mepet. Pasalnya, rumput GBK yang akan digunakan di piala dunia nanti haruslah dijaga kualitasnya.


Stadion Berkapasitas Besar Lainnya di Indonesia

Jika Blackpink nantinya tidak dapat tampil di GBK, masih banyak alternatif stadion berkapasitas besar lainnya. Meskipun megah, stadion-stadion tersebut tidak dijadikan venue pertandingan Piala Dunia U-20, sehingga memungkinkan digunakan untuk konser.

Salah stadion berkapasitas besar yang bisa digunakan untuk konser Blackpink adalah stadion super megah yang baru saja diresmikan, yaitu Jakarta International Stadium (JIS). Dilansir Antara, JIS adalah stadion berteknologi canggih serta memiliki kapasitas sebesar 82.000 kursi, lebih besar dari kapasitas GBK yang berjumlah 77,193 kursi. Beberapa konser pun juga sudah pernah diadakan di stadion ini.

Selain itu, tidak jauh dari Jakarta, ada juga stadion yang baru diresmikan, yaitu Banten International Stadium (BIS) yang terletak di Kota Serang, Banten. Meskipun tidak sebesar JIS dan GBK, BIS masih memiliki kapasitas penonton yang cukup besar, yaitu sekitar 30.038 kursi. 

Masalahnya, pilihan akses transportasi menuju BIS tidak sebanyak JIS dan GBK, sehingga akan menyulitkan para penonton konser yang berasal dari luar Banten dan sekitar DKI Jakarta.

Kemudian, pilihan alternatif stadion lainnya yang bisa digunakan untuk konser adalah Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Stadion yang diresmikan pada 2013 ini memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu sekitar 38 ribu kursi. Meskipun lebih besar dari Si Jalak Harupat, namun GBLA bisa dipakai untuk kegiatan publik karena tidak dijadikan tempat pertandingan Piala Dunia U-20.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024