Stories - 31 October 2022

Tips Menjaga Ginjal Biar Tetap Sehat, Mudah Lho!

Ginjal merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia karena memiliki sejumlah fungsi penting.


Ginjal merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia karena memiliki sejumlah fungsi penting. - Freepik -

Context.id, JAKARTA - Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. 

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan, organ yang berada di bagian bawah tulang rusuk ini, berfungsi untuk menyaring racun dalam tubuh, memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, menyeimbangkan cairan tubuh, serta mengaktifkan vitamin D yang berfungsi untuk kesehatan tulang dan gigi.

Oleh karena itu, sekalipun setiap manusia memiliki dua ginjal, organ ini tetap harus dirawat. Berikut ini cara merawat ginjal, sesuai yang telah dirangkum oleh Context. 


 

1. Pola Makan yang Sehat

Seperti yang sudah diketahui, bahwa menjalani pola makan yang sehat, dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran dapat memberikan manfaat yang baik pada tubuh, termasuk ginjal.

Dikutip dari Hallo Sehat, terdapat sejumlah jenis sayur dan buah yang baik untuk kesehatan ginjal, seperti buah ceri, sayur-sayuran rendah kalium (kol, lobak, dan terong), serta apel.

Adapun hal yang lebih baik dihindari adalah makanan yang mengandung lemak dan purin, seperti jeroan. Pasalnya, makanan yang mengandung purin dengan jumlah tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat yang kemudian dapat mengganggu fungsi ginjal.


 

2. Membatasi Asupan Garam dan Protein

Diketahui, hipertensi (tekanan darah tinggi) merupakan penyebab utama gagal ginjal. Adapun salah satu pemicu utama tekanan darah tinggi adalah karena konsumsi makanan yang tinggi garam dan sodium.

Oleh karena itu, garam dan sodium dapat digantikan dengan penggunaan bawang. Menariknya kandungan quercetin yang ada di dalam bawang juga dapat menjaga kesehatan ginjal.

Mengenai protein, memang kandungan yang satu ini banyak dibutuhkan manusia, terutama mereka yang sedang menjalankan diet ataupun sedang membentuk otot. Namun faktanya, terlalu banyak protein pun tidak baik bagi tubuh. Pasalnya, protein dapat dipecah menjadi asam amino dan asam ini berlebihan dari yang dibutuhkan tubuh, maka ginjal pun akan bekerja lebih keras untuk membuang asam ini. 


 

3. Kurangi Alkohol dan Rajin Minum Air Putih

Mengutip dari laman Departemen Kesehatan Amerika (NIDDK), kemampuan ginjal yang sehat akan menyaring sekitar 150 liter darah setiap hari. Dengan rajin minum air putih, ginjal akan lebih mudah menyaring darah dan membuang zat-zat beracun. 

Lebih lanjut, minum air putih yang cukup juga dapat menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Faktanya, keseimbangan ini yang membuat saraf, otot, dan jaringan berfungsi dengan baik.

Namun, perlu diketahui pula bahwa minum air juga harus secukupnya atau sekitar dua liter dalam sehari. Pasalnya dikutip dari Halodoc, terlalu banyak minum air dapat membuat resiko keracunan ataupun gangguan fungsi otak semakin tinggi. 

Sementara untuk alkohol, tahukah kamu bahwa alkohol dapat memiliki efek diuretik yang bisa meningkatkan jumlah urine yang diproduksi? Alhasil, dengan penggunaan alkohol yang berlebihan dapat membuat ginjal sulit mengatur aliran urin dan cairan tubuh, termasuk mengendalikan zat-zat mineral di dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan mengalami dehidrasi. 

 

4. Tidak Sembarang Minum Obat dan Vitamin

Diketahui, bahwa penggunaan sejumlah obat-obatan seperti obat NSAID dan pencahar dapat menyebabkan penyakit ginjal. Pasalnya, jika obat tersebut tidak terserap oleh tubuh, obat itu akan dibuang melalui ginjal dan jika hal ini terjadi terus menerus, akan merusak ginjal.

Maka, sebaiknya jangan sembarangan dalam mengonsumsi obat dan obat-obat seperti NSAID dan pencahar perlu diminum setelah adanya rekomendasi dari dokter. 


 

5. Olahraga

Olahraga memang sudah terbukti untuk menjaga kesehatan. Namun, tahukah kamu bahwa olahraga juga dapat mencegah terjadinya penyakit ginjal?  

Jadi, olahraga yang teratur dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah, glukosa, serta kadar kolesterol. Adapun ketiga hal tersebut merupakan tiga komponen utama yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024