Stories - 31 October 2022

Inilah Aktor Film dengan Piala Oscar Terbanyak

Academy Awards atau yang biasa dengan Oscar Awards adalah penghargaan paling bergengsi yang bisa didapatkan para aktor film.


Piala Academy Awards atau Piala Oscar. -oscars.org-

Context, JAKARTA - Academy Awards atau yang biasa dengan Oscar Awards adalah penghargaan paling bergengsi yang bisa didapatkan para aktor film. Pemenangnya ditentukan dari pemungutan suara yang dilakukan oleh anggota The Academy of Motion Pictures Arts and Science.

Meskipun Oscar menjadi penghargaan yang diimpikan banyak aktor, Oscar bukan lah penentu satu-satunya kehebatan bakat seseorang dalam berakting. Dilansir Movie Web, banyak aktor yang berbakat namun belum pernah sekali pun mendapatkan penghargaan ini. Namun, terlepas dari itu semua, berikut lima Aktor dengan penghargaan Oscar terbanyak:


1. Katharine Hepburn - 4 Oscar (Aktris Terbaik)

Katherine Hepburn adalah aktris Hollywood klasik yang telah memenangkan Academy Awards atau Oscar Awards yang paling banyak. Selama karirnya, ia telah menerima 12 nominasi, dan empat diantaranya berhasil ia menangkan.

Pada 1934, Katharine mendapatkan piala Oscar pertamanya untuk penghargaan Aktris Terbaik dalam perannya di “Morning Glory”. Kemudian secara berturut-turut, Oscar selanjutnya didapatkan pada 1968 untuk film “Guess Who’s Coming to Dinner”, “The Lion in Winter” pada 1969, dan “On Golden Pond pada 1982.


2. Frances McDormand - 4 Oscar (3 Aktris Terbaik, 1 Film Terbaik)

Sama seperti Katherine Hepburn, Frances McDormand juga telah mendapatkan 4 piala Oscar. Namun, satu piala Oscar yang ia dapatkan bukan lah untuk perannya dalam berakting, namun sebagai produser film berjudul “Nomadland”. 

Tiga piala Oscar lainnya ia dapatkan saat ia berperan sebagai aktris di tiga film, yaitu “Fargo”, “Three Billboards Outstanding Ebbing”, dan “Missouri”. Selain empat Oscar, McDormand juga telah mendapatkan 7 nominasi dalam Academy Awards.


3. Meryl Streep - 3 Oscar (2 Aktris Terbaik, 1 Aktris Pendukung Terbaik)

Saat ini, Meryl Streep masih memegang rekor untuk penerima nominasi Academy Awards terbanyak dengan 21 nominasi. Dari 21 nominasi tersebut, tiga diantaranya berhasil ia menangkan. Satu untuk Aktris Pendukung terbaik di film “Kramer V Kramer”, dan dua untuk Aktris Terbaik dalam perannya di “Sophie's Choice” dan “The Iron Lady”.

Selain Oscar, Maryl juga telah mendapatkan banyak penghargaan dari ajang lainnya, seperti Tonys dan Grammy. Sehingga, total penghargaan yang sudah ia dapatkan bisa lebih dari 200 penghargaan.


4. Jack Nicholson - 3 Oscar (Aktor Terbaik)

Aktor yang satu ini dikenal oleh banyak orang lewat perannya sebagai Joker dalam film “The Batman” tahun 1989. Namun, bukan film tersebut yang membuatnya mendapatkan piala Oscar sebagai Aktor Terbaik, melainkan “One Flew Over the Cuckoo’s Nest”, “Terms of Endearment”, dan “As Good as It Gets”. Selain itu, aktor ini juga telah berhasil mendapatkan 12 nominasi Oscar.


5. Ingrid Bergman - 3 Oscar (2 Aktris Terbaik, 1 Aktris Pendukung Terbaik)

Ingrid adalah artis asal Swedia yang telah menerima delapan nominasi Oscar sejak 1848 hingga 1978. Dilansir Oscars Fandom, Ingrid juga telah dinobatkan oleh the American Film Institute sebagai Aktris Terbesar dalam perfilman Amerika Serikat.

Dari tiga oscar yang didapat, dua di antaranya adalah penghargaan Aktris Terbaik dalam film “Gaslight” dan “Anastasia”. Kemudian satu penghargaan lainnya adalah sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam film “Murder on the Orient Express”.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Tingkatkan Layanan Kesehatan Tak Cukup Dengan Penambahan SDM

Sub sistem tersebut berupa upaya, fasilitas, logistik dan obat-obatan, pembiayaan, serta SDM

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024