Stories - 25 October 2022

Cerita 4 Tempat Misterius di Tanah Air

Hampir setiap petak tanah yang pernah dilewati pasti memiliki sejarahnya tersendiri. Mungkin ada yang baik, tapi tidak jarang pula sejarah yang buruk.


Lawang Sewu, salah satu gedung peninggalan Belanda yang terkesan angker. - PT KAI -

Context.id, JAKARTA - Bumi yang kita tinggali ini sudah ada sejak 4,54 miliar yang lalu. Sudah puluhan ribu keturunan yang tinggal dan menetap, bahkan di tempat yang kita injak sekarang ini.

Oleh karena itulah, setiap petak tanah yang pernah dilewati pasti memiliki sejarahnya tersendiri. Mungkin ada yang baik, tapi tidak jarang pula sejarah yang buruk.

Hal itulah yang membuat tempat-tempat tersebut seakan memiliki auranya tersendiri dan dianggap misterius, seperti tempat-tempat berikut ini.

 

1. Lawang Sewu

Gedung bekas kantor kereta api Belanda ini memang merupakan salah satu daya tarik utama saat berkunjung ke Kota Semarang. Bagaimana tidak, gedung yang disebut-sebut memiliki 1000 pintu ini memiliki arsitektur yang unik serta ornamen kaca, tembikar, hingga kubah yang berbeda dengan gedung-gedung saat ini.

Namun seperti yang sudah diketahui, bahwa gedung ini disebut-sebut berhantu. Pasalnya dilansir dari Solo Pos, Lawang Sewu dianggap saksi kekejaman Jepang saat menyerang Belanda. 

 

2. Taman Festival

Taman Bali Festival merupakan tempat rekreasi dan wisata yang populer di Denpasar pada 1997. Pasalnya, tempat ini merupakan tempat rekreasi bermain yang memiliki berbagai macam wahana hiburan.

Namun, karena ada kebakaran, tempat ini menjadi tidak terurus dan terbengkalai. Sejak itulah, bangunan-bangunan ini ditumbuhi semak belukar, coret-coretan di dinding bangunan, serta tinggal sejumlah puing-puing. 


 

3. Lubang Buaya

Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur merupakan saksi bisu kekejaman para pemberontak dalam peristiwa G30S PKI pada tahun 1965 silam.

Oleh karena itu, banyak kisah mistis yang terjadi di kawasan tersebut, mulai dari derap langkah sepatu tentara, penampakan tentara, suara minta tolong, hingga keberadaan sosok dengan wajah rusak berlumuran darah pun sering ada di tempat tersebut.

 

 

4. Wisma Tumapel

Wisma Tumapel merupakan salah satu gedung bersejarah di Kota Malang. Pasalnya, dulu gedung tua ini merupakan tempat penginapan populer bernama Splendid Inn. 

Namun, penginapan berarsitektur Eropa ini sempat tidak difungsikan dan akhirnya menjadi tidak terawat. Tak heran jika, kesan mistis lumayan melekat dengan hotel ini.

 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024