Stories - 17 October 2022

Deretan Aktor Film Harry Potter yang Telah Tutup Usia

Bersamaan dengan usia filmnya yang terus menua, beberapa aktor yang sempat berperan di film Harry Potter pun sudah tiada.


Alan Rickman dalam perannya sebagai Severus Snape di film Harry Potter. -Insider-

Context, JAKARTA - Sejak film pertamanya dirilis, kini film Harry Potter sudah berusia 21 tahun. Bersamaan dengan usia filmnya yang terus menua, beberapa aktor yang sempat berperan di film tersebut pun sudah tiada.

Bertahun-tahun setelah seri terakhirnya yang berjudul Harry Potter and the Deathly Hallows II dirilis pada 2011, para penggemarnya hingga kini masih merindukan film tersebut. Bahkan para tokoh utamanya seperti Daniel Radcliffe (Harry Potter), Emma Watson (Hermione Granger), dan Rupert Grint (Ron Weasley) masih tidak bisa dilepaskan dengan tokoh-tokoh yang diperankan mereka di film tersebut.

Dilansir Hollywood Life, pada Maret 2022 sempat tersiar kabar bahwa akan diadakan reuni Harry Potter dengan tema broadway. Namun sayangnya jika proyek tersebut tetap dilaksanakan, sejumlah tokoh dalam film Harry Potter tidak bisa dimainkan kembali oleh pemeran aslinya, sebab beberapa dari mereka telah meninggal dunia. Berikut beberapa di antaranya:


Robbie Coltrane (Hagrid)

Pada 14 Oktober 2022 lalu, penggemar film Harry Potter dikejutkan dengan meninggalnya Robbie Coltrane. Pasalnya, perannya sebagai Hagrid telah membuat banyak penggemar film ini menyukainya. Sebab, ia telah berhasil memerankan dan menghidupkan tokoh Hagrid sebagai pelindung Hogwarts yang bertubuh besar, pintar, dan penuh akan misteri.

Coltrane dikabarkan meninggal di sebuah rumah sakit dekat Falkirk di Skotlandia. Sebelumnya, ia dikabarkan memang telah menderita sejumlah masalah kesehatan dan telah jarang terlihat oleh publik.


Alan Rickman (Severus Snape)

Severus Snape adalah salah satu tokoh paling penting dalam seri film Harry Potter. Terutama bagi para penggemar yang belum membaca bukunya, mayoritas dari mereka terkejut ketika mengetahui bahwa selama ini Severus Snape sangat menyayangi Harry Potter, sebagaimana ia juga menyayangi ibunya, Lily Potter.

Di dalam film, Severus Snape pun meninggal dibunuh oleh Voldemort, musuh utama Harry Potter. Sayangnya, di dunia nyata, Alan Rickman yang memerankan Severus Snape juga telah meninggal pada 2016 setelah berjuang melawan kanker pankreas. Dilansir fictionhorizon.com, saat itu usianya telah mencapai 69 tahun ketika ia meninggal.


Richard Harris (Albus Dumbledore)

Albus Dumbledore yang dikenal banyak orang adalah Dumbledore yang diperankan oleh Michael Gambon. Namun, pada dua seri Harry Potter sebelumnya, Albus Dumbledore sempat diperankan oleh Richard Harris. 

Sayangnya, aktor berpengalaman yang sempat berperan di film-film terkenal lainnya ini harus menyerah terhadap penyakit Hodgkin. Ia pun meninggal dunia pada usia 72 tahun, tak lama setelah melakukan syuting film Chambers of Secrets pada 2002.


Richard Griffiths (Vernon Dursley)

Richard Griffiths adalah aktor yang memerankan Vernon Dursley, paman dari Harry Potter yang telah merawat Harry setelah orang tuanya dibunuh oleh Voldemort. Ia sering muncul pada seri-seri awal film Harry Potter. Pada perannya tersebut, Griffiths berhasil memerankan Dursley, dan membuatnya menjadi tokoh yang dibenci oleh para penggemar. 

Griffiths meninggal pada 2013 dalam usia 65 tahun. Penyebabnya adalah komplikasi yang terjadi setelah dirinya melakukan operasi jantung. 


Elizabeth Spriggs (Lukisan The Fat Lady)

The Fat Lady adalah sosok yang selalu ada pada lukisan yang ada di depan ruangan Gryffindor. Sosoknya sangat melekat di hati para penggemar. Sebab Spriggs berhasil memerankan The Fat Lady sebagai sosok dalam lukisan yang jail, gemar bernyanyi, dan juga lucu.

Sayangnya, Spriggs telah meninggal dunia jauh sebelum seri Harry Potter terakhir dirilis. Aktor yang juga aktif bermain teater ini meninggal dalam usia 78 tahun pada tahun 2008.


Aktor Lainnya

Selain lima nama tersebut, film Harry Potter juga telah ditinggalkan oleh beberapa pemeran lainnya seperti Alfred Burke (Armando Dippet), Dave Legeno (Fenrir Greyback), David Ryall (Elphias Doge), Derek Deadman (Tom, Bartender Leaky Cauldron), Eric Sykes (Frank Bryce), Hazel Douglas (Bathilda Bagshot), dan Helen McCrory (Narcissa Malfoy).

Kemudian Jimmy Gardner (Ernie Prang), John Hurt (Garrick Ollivander), Paul Ritter (Eldred Worple), Peter Cartwright (Elphias Doge), Robert Hardy (Cornelius Fudge), Robert Knox (Marcus Belby), Roger Lloyd Pack (Barty Crouch Senior), Sam Beazley (Profesor Everard), Terence Bayler (Baron Berdarah), Timothy Bateson (Kreacher), dan Verne Troyer (Griphook).


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024