Stories - 11 October 2022

Anti Yahudi, Kanye West Diblokir Instagram dan Twitter

Akun media sosial mega bintang asal Amerika Serikat (AS) Kanye West diblokir sementara oleh Instagram dan Twitter.


Rapper asal Amerika Serikat, Kanye West. -Bloomberg-

Context, JAKARTA - Akun media sosial mega bintang asal Amerika Serikat (AS) Kanye West diblokir sementara oleh Instagram dan Twitter. Pasalnya, unggahan dari rapper tersebut dinilai berisi pernyataan anti-semit. 

Instagram lebih dulu memblokir akun media sosial dari Kanye West pada Jumat (7/10/2022). Alasan Instagram ini berdasarkan salah satu unggahan Kanye yang telah dihapus, yaitu tuduhan mengenai seorang musisi yang dikuasai oleh “orang-orang Yahudi”.

Dilansir Entertainment Weekly, juru bicara Meta mengatakan bahwa Kanye telah melanggar kebijakan Instagram. Perusahaan Meta memang bisa memberlakukan pembatasan kepada akun-akun yang dianggap secara rutin melakukan pelanggaran kepada kebijakannya. Pembatasan tersebut termasuk mengunggah konten, berkomentar, dan mengirim pesan.

Kanye West memang sudah beberapa kali memberikan pernyataan anti-semit. Bukan hanya di media sosial, namun juga dalam wadah yang lain. Seperti contohnya dalam wawancara yang ia lakukan dengan Fox News. 

Saat itu, West menyatakan bahwa mantan penasihat senior Donald Trump, Jared Kushner adalah seorang Yahudi. Jared dituduh menengahi perjanjian damai di Israel hanya untuk menghasilkan uang.

Perlakuan-perlakuan Kanye West tersebut pun telah ditanggapi oleh Komite Yahudi Amerika. Secara terbuka, mereka mengecam penggunaan kiasan anti-semit yang dilakukan Kanye selama ini.

Karena akun Instagramnya diblokir, Kanye West pun kembali beralih ke Twitter selama dua tahun absen dari media sosial berlogo burung tersebut. Dilansir Antara, dalam Twitter, Kanye mengatakan bahwa dia bukan lah seorang anti-semit. Ia juga mengecam setiap orang yang bermain-main dengannya.

“Kalian telah mempermainkan saya dan mencoba menghitamkan [Kanye West adalah seorang Afro-Amerika] siapa pun yang menentang agenda kalian,” tulis Kanye West dalam unggahan Twitternya. Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa ia tidak bisa dituduh sebagai seorang anti-semit, karena menurutnya, Afro-Amerika juga merupakan seorang ‘Yahudi’.


Bukan yang Pertama Kali

Pemblokiran media sosial bukan lah yang pertama kalinya diterima oleh Kanye West. sebelumnya, media sosialnya juga pernah diblokir setelah ia melontarkan pernyataan bernada rasis kepada pembawa acara The Daily Show, Trevor Noah pada Maret.

Kemudian, media sosialnya juga pernah ditangguhkan akibat permasalahannya dengan mantan istrinya, Kim Kardashian.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024