Stories - 11 October 2022

Anti Yahudi, Kanye West Diblokir Instagram dan Twitter

Akun media sosial mega bintang asal Amerika Serikat (AS) Kanye West diblokir sementara oleh Instagram dan Twitter.


Rapper asal Amerika Serikat, Kanye West. -Bloomberg-

Context, JAKARTA - Akun media sosial mega bintang asal Amerika Serikat (AS) Kanye West diblokir sementara oleh Instagram dan Twitter. Pasalnya, unggahan dari rapper tersebut dinilai berisi pernyataan anti-semit. 

Instagram lebih dulu memblokir akun media sosial dari Kanye West pada Jumat (7/10/2022). Alasan Instagram ini berdasarkan salah satu unggahan Kanye yang telah dihapus, yaitu tuduhan mengenai seorang musisi yang dikuasai oleh “orang-orang Yahudi”.

Dilansir Entertainment Weekly, juru bicara Meta mengatakan bahwa Kanye telah melanggar kebijakan Instagram. Perusahaan Meta memang bisa memberlakukan pembatasan kepada akun-akun yang dianggap secara rutin melakukan pelanggaran kepada kebijakannya. Pembatasan tersebut termasuk mengunggah konten, berkomentar, dan mengirim pesan.

Kanye West memang sudah beberapa kali memberikan pernyataan anti-semit. Bukan hanya di media sosial, namun juga dalam wadah yang lain. Seperti contohnya dalam wawancara yang ia lakukan dengan Fox News. 

Saat itu, West menyatakan bahwa mantan penasihat senior Donald Trump, Jared Kushner adalah seorang Yahudi. Jared dituduh menengahi perjanjian damai di Israel hanya untuk menghasilkan uang.

Perlakuan-perlakuan Kanye West tersebut pun telah ditanggapi oleh Komite Yahudi Amerika. Secara terbuka, mereka mengecam penggunaan kiasan anti-semit yang dilakukan Kanye selama ini.

Karena akun Instagramnya diblokir, Kanye West pun kembali beralih ke Twitter selama dua tahun absen dari media sosial berlogo burung tersebut. Dilansir Antara, dalam Twitter, Kanye mengatakan bahwa dia bukan lah seorang anti-semit. Ia juga mengecam setiap orang yang bermain-main dengannya.

“Kalian telah mempermainkan saya dan mencoba menghitamkan [Kanye West adalah seorang Afro-Amerika] siapa pun yang menentang agenda kalian,” tulis Kanye West dalam unggahan Twitternya. Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa ia tidak bisa dituduh sebagai seorang anti-semit, karena menurutnya, Afro-Amerika juga merupakan seorang ‘Yahudi’.


Bukan yang Pertama Kali

Pemblokiran media sosial bukan lah yang pertama kalinya diterima oleh Kanye West. sebelumnya, media sosialnya juga pernah diblokir setelah ia melontarkan pernyataan bernada rasis kepada pembawa acara The Daily Show, Trevor Noah pada Maret.

Kemudian, media sosialnya juga pernah ditangguhkan akibat permasalahannya dengan mantan istrinya, Kim Kardashian.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024