Stories - 11 October 2022

Intip Kekayaan Kapolda Jatim Baru, Irjen Teddy Minahasa

Kapolda Jatim sebelumnya, Irjen Nico Afinta dimutasi oleh Kapolri menjadi Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya (Sahlisosbud Kapolri).


Kapolda Jawa Timur Teddy Minahasa. -Bisnis-

Context, JAKARTA - Jabatan Kapolda Jawa Timur kini diisi oleh Irjen Pol Teddy Minahasa Putra. Kapolda Jatim sebelumnya, Irjen Nico Afinta dimutasi oleh Kapolri menjadi Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya (Sahlisosbud Kapolri).

Setelah kejadian tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter tersebut, banyak orang yang mendesak agar Kapolda Jatim Irjen Nico dicopot dari jabatannya atau bahkan dipecat dari Polri. Menurut masyarakat, Nico juga dianggap bertanggung jawab atas hilangnya ratusan nyawa di stadion sepak bola tersebut.

Hingga akhirnya Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pun memutasi Nico menjadi Sahlisosbud Kapolri. Namun, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa mutasi Nico tidak terkait dengan tragedi Kanjuruhan.

"TR tour of duty dan tour of area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," ujar Dedi, dikutip dari Bisnis.

Posisi Nico kini diisi oleh Irjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat. 


Irjen Teddy Minahasa Putra

Dilansir Tempo, Irjen Teddy yang baru saja dimutasi menjadi Kapolda Jatim menggantikan Nico ini merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1993. Setelah lulus, ia pun bertugas di kepolisian, dan menjabat sebagai Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jawa Tengah (2008).

Kemudian ia menjabat sebagai Kabidregident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kapolres Malang Kota (2011), Kasubbagjiansisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri (2013), dan Kaden C Ropaminal Divpropam Polri (2013).

Selain itu, Teddy juga pernah menjabat sebagai Kapolda Banten (2018), Wakapolda Lampung (2018), Sahlijemen Kapolri (2019) dan Kapolda Sumatra Barat (2021). Sebelumnya pada 2014, Irjen Teddy juga sempat menjabat sebagai ajudan pribadi dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sebagai seorang Kapolda, bisa dibilang Irjen Teddy merupakan seseorang yang cukup tajir. KPK mencatat bahwa kekayaan yang dimiliki oleh Teddy sebesar Rp29,97 miliar, yang terdiri dari tanah dan bangunan.

Teddy memiliki aset tanah dan bangunan yang tersebar di 53 titik wilayah yang berada di Kabupaten Pandeglang, Pesawaran, Pasuruan, dan Kota Malang. Total, harta yang dimiliki dari tanah dan bangunannya sebesar Rp25,81 miliar.

Kemudian, Teddy juga menjabat sebagai Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) periode 2021-2026 ini tercatat memiliki sejumlah kendaraan pribadi, seperti motor Harley Davidson Solo tahun 2014, Toyota Landcruiser HDJ80R tahun 1996, mobil Toyota FJ 55 tahun 1970, dan mobil Jeep Wrangler tahun 2016. Total harta dari kendaraan pribadinya adalah sebesar Rp2,07 miliar.

Teddy juga memiliki surat berharga senilai Rp62,5 juta, harta kas atau setara kas senilai Rp1,52 miliar, dan harta bergerak lainnya senilai Rp500 juta. 


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Teknologi Digital dan Solusi Perubahan Iklim

Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalisir dampak perubahan iklim

Context.id | 01-03-2024

Ketika Raksasa OTT Saling Klaim Istilah Local Pride

Platform over the top (OTT) konten video streaming saling bersaing menguasai pasar Indonesia, salah satunya dengan embel-embel konten lokal.

Noviarizal Fernandez | 01-03-2024

Tolak Usul Prancis, Anggota NATO Enggan Masuk Wilayah Ukraina

Usulan Presiden Prancis agar pasukan NATO memasuki wilayah Ukraina untuk ikut memerangi Rusia mendapat penolakan keras dari negara-negara anggota ...

Context.id | 29-02-2024

Kans Indonesia Gabung Klub Negara Maju

Indonesia masih punya waktu 2-3 tahun untuk menyelesaikan proses menjadi anggota OECD

Context.id | 29-02-2024