Stories - 11 October 2022

Intip Kekayaan Kapolda Jatim Baru, Irjen Teddy Minahasa

Kapolda Jatim sebelumnya, Irjen Nico Afinta dimutasi oleh Kapolri menjadi Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya (Sahlisosbud Kapolri).


Kapolda Jawa Timur Teddy Minahasa. -Bisnis-

Context, JAKARTA - Jabatan Kapolda Jawa Timur kini diisi oleh Irjen Pol Teddy Minahasa Putra. Kapolda Jatim sebelumnya, Irjen Nico Afinta dimutasi oleh Kapolri menjadi Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya (Sahlisosbud Kapolri).

Setelah kejadian tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter tersebut, banyak orang yang mendesak agar Kapolda Jatim Irjen Nico dicopot dari jabatannya atau bahkan dipecat dari Polri. Menurut masyarakat, Nico juga dianggap bertanggung jawab atas hilangnya ratusan nyawa di stadion sepak bola tersebut.

Hingga akhirnya Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pun memutasi Nico menjadi Sahlisosbud Kapolri. Namun, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa mutasi Nico tidak terkait dengan tragedi Kanjuruhan.

"TR tour of duty dan tour of area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," ujar Dedi, dikutip dari Bisnis.

Posisi Nico kini diisi oleh Irjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat. 


Irjen Teddy Minahasa Putra

Dilansir Tempo, Irjen Teddy yang baru saja dimutasi menjadi Kapolda Jatim menggantikan Nico ini merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1993. Setelah lulus, ia pun bertugas di kepolisian, dan menjabat sebagai Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jawa Tengah (2008).

Kemudian ia menjabat sebagai Kabidregident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kapolres Malang Kota (2011), Kasubbagjiansisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri (2013), dan Kaden C Ropaminal Divpropam Polri (2013).

Selain itu, Teddy juga pernah menjabat sebagai Kapolda Banten (2018), Wakapolda Lampung (2018), Sahlijemen Kapolri (2019) dan Kapolda Sumatra Barat (2021). Sebelumnya pada 2014, Irjen Teddy juga sempat menjabat sebagai ajudan pribadi dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sebagai seorang Kapolda, bisa dibilang Irjen Teddy merupakan seseorang yang cukup tajir. KPK mencatat bahwa kekayaan yang dimiliki oleh Teddy sebesar Rp29,97 miliar, yang terdiri dari tanah dan bangunan.

Teddy memiliki aset tanah dan bangunan yang tersebar di 53 titik wilayah yang berada di Kabupaten Pandeglang, Pesawaran, Pasuruan, dan Kota Malang. Total, harta yang dimiliki dari tanah dan bangunannya sebesar Rp25,81 miliar.

Kemudian, Teddy juga menjabat sebagai Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) periode 2021-2026 ini tercatat memiliki sejumlah kendaraan pribadi, seperti motor Harley Davidson Solo tahun 2014, Toyota Landcruiser HDJ80R tahun 1996, mobil Toyota FJ 55 tahun 1970, dan mobil Jeep Wrangler tahun 2016. Total harta dari kendaraan pribadinya adalah sebesar Rp2,07 miliar.

Teddy juga memiliki surat berharga senilai Rp62,5 juta, harta kas atau setara kas senilai Rp1,52 miliar, dan harta bergerak lainnya senilai Rp500 juta. 


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kenali Gejala Preeklamsia Pada Ibu Hamil

Penyakit ini terjadi karena tekanan darah yang tinggi, dan kandungan protein yang berlebihan di dalam urine.

Noviarizal Fernandez | 25-04-2024

Siomay Peringkat 1 Cemilan Terlezat Dunia

Setelah Rendang dan Sate, kini Siomay diakui sebagai salah satu dumpling atau cemilan berbahan pangsit terbaik dunia

Context.id | 25-04-2024

Kampus Elit AS Protes Genosida Gaza, Mengulang Sejarah Demo Perang Vietnam?

Periode 50-60an, mahasiswa dari berbagai kampus di Amerika Serikat melakukan unjuk rasa menolak keterlibatan AS dalam Perang Vietnam

Context.id | 25-04-2024

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024