Stories - 07 October 2022

Waspada Banjir, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Menyambut musim hujan, penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi banjir.


Pengendara menerobos banjir di kawasan Kemang, Jakarta, Selasa (25/2/2020). -Bisnis-

Context, JAKARTA - Saat ini, hujan terus menerus turun di sebagian besar wilayah Indonesia. Biasanya hujan dengan intensitas tinggi, akan disusul dengan bencana banjir di berbagai wilayah.

Banjir sedang diwanti-wanti masyarakat, terutama mereka yang tinggal di pinggiran sungai. Pasalnya, banjir di beberapa wilayah Indonesia seakan sudah dijadwalkan. Hampir setiap tahun kita disajikan dengan pemberitaan banjir di berbagai media.

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi banjir. Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan berdasarkan laman BPBD dan Kementerian Kesehatan:


1. Amankan Saluran Listrik dan Barang Elektronik

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah saluran listrik di dalam rumah. Pasalnya, jika listrik menyala saat terendam air, maka air tersebut akan menjadi konduktor yang akhirnya menyambar para penghuni rumah. 

Karena itu, sebisa mungkin matikan terlebih dahulu listrik di dalam rumah ketika air mulai naik. Kemudian, pindahkan barang-barang elektronik lainnya ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari korsleting listrik.


2. Amankan Surat dan Barang Berharga

Banyak orang yang masih menyimpan surat berharga dan barang-barang berharga di dalam lemari bagian bawah. Jika banjir datang, tentu akan mengakibatkan surat dan barang-barang berharga tersebut rusak. Jika sudah rusak, akan sulit untuk mengurusnya kembali.

Karena itu, saat banjir datang, sempatkan untuk memindahkan surat dan barang berharga yang dimiliki ke tempat yang lebih tinggi, dan aman dari air. Cara lainnya, kumpulkan terlebih dahulu surat dan barang berharga yang dimiliki, lalu masukkan ke dalam koper. Dengan begitu, surat dan barang berharga tersebut bisa dibawa apalagi jika kamu harus dievakuasi.


3. Persiapkan Barang-Barang untuk Evakuasi

Selain surat dan barang berharga, hal lainnya yang harus dipersiapkan adalah barang- barang penting seperti pakaian, alat komunikasi, dan juga uang. Dengan mempersiapkan barang-barang tersebut, maka setidaknya kamu bisa bertahan jika memang harus dievakuasi keluar rumah. 


4. Selamatkan Anggota Keluarga yang Rentan Terlebih Dahulu

Saat tanda-tanda banjir mulai datang, pastikan untuk mendahulukan menyelamatkan keluarga yang sedang sakit, hamil, sudah tua, atau pun anak-anak. Dalam melakukan penyelamatan atau evakuasi, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati. 

Selain itu, usahakan agar sudah dipikirkan mengenai akses untuk menyelamatkan mereka, baik itu memikirkan jalur aman, kontak orang-orang yang bisa dimintai pertolongan, dan lain sebagainya.


5. Update Informasi Wilayah Sekitar

Jika wilayah sekitar tempat tinggalmu adalah wilayah langganan banjir, maka sebisa mungkin untuk selalu update informasi banjir dari berbagai platform, baik itu media sosial, media berita, maupun aplikasi-aplikasi cuaca. Dengan begitu, setidaknya kamu bisa memprediksi kapan banjir akan datang, dan kapan harus mempersiapkan barang-barang dan rencana mengevakuasi keluarga di rumah.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024