Unfold - 29 September 2022

Butuh Gaji Berapa Buat Milenial Beli Mobil?

Kira-kira bisa gak ya anak muda beli mobil? Masalahnya, banyak anak muda yang ingin beli mobil bukan karena kebutuhan, melainkan gengsi semata. Masa?

Context, JAKARTA - Keinginan milenial untuk memiliki mobil baru sebagai kendaraan pribadi nampaknya masih cukup tinggi. Namun, butuh banyak hal yang dipertimbangkan oleh para milenial sebelum membeli mobil baru.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kini Indonesia telah didominasi oleh 25,87 persen milenial dan 27,94 persen Gen Z. Kemudian, sebagian besar dari dua generasi tersebut sudah memiliki daya beli. Hal ini menjadikan kelompok anak muda ini sebagai pasar otomotif terbesar di Indonesia.

Bersamaan dengan itu, kini perusahaan-perusahaan otomotif ternama mulai mendorong penjualannya kepada anak muda, terutama generasi milenial. Beberapa di antaranya adalah perusahaan otomotif besar seperti Daihatsu dan Wuling.

Bagi para milenial, terutama yang baru mendapatkan pekerjaan, memiliki mobil impian pasti menjadi salah satu bucket list yang ingin dipenuhi. Namun sebagai kebutuhan tersier, membeli mobil bisa saja memberatkan kondisi ekonomi seseorang. Karena itu, butuh banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Menurut perencana keuangan Andy Nugroho, calon pembeli mobil harus memastikan jika pendapatannya masih cukup untuk membayar cicilan mobil. Melihat harga mobil yang tidak murah, maka membeli mobil secara kredit sudah pasti menjadi pilihan utama. Selain biaya cicilan, hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah biaya perawatan dan pengurusan mobil, seperti biaya servis, konsumsi bensin per bulan, pajak yang harus dibayarkan, hingga biaya asuransi mobil.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024