Stories - 27 September 2022

Proyek Pengerjaan Infrastruktur IKN Resmi Dimulai!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proses pembangunan proyek di IKN sudah resmi dimulai.


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proses pembangunan proyek di IKN sudah resmi dimulai, Senin (26/9/2022). - Antara -

Context.id, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proses pembangunan proyek di IKN sudah resmi dimulai. 

“Sudah (mulai konstruksi),” ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, kepada Bisnis, pada Senin (26/9/2022).

Danis menyatakan bahwa proses konstruksi di IKN Nusantara akan dilakukan secara bertahap. Adapun proses konstruksi yang telah dimulai adalah pemetaan lahan dan proyek jalan.

Namun uniknya, proses konstruksi proyek ini tidak dimulai dengan acara seremonial ataupun groundbreaking. 

Diketahui, hal ini juga sesuai dengan instruksi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pasalnya pada pekan lalu, Basuki menyatakan bahwa proses konstruksi infrastruktur dasar di IKN Nusantara dapat dimulai pada akhir pekan lalu, setelah pihaknya telah selesai mengumpulkan penyedia jasa dan mendapatkan tender. 

“Saya minta paling lambat akhir pekan ini mulai bekerja,” ujar Basuki. 

 

Berapa Biaya Pembangunan IKN?

Diketahui, Kementerian PUPR menggelontorkan anggaran sebesar Rp5,3 triliun untuk memulai pembangunan infrastruktur tahap pertama di ibukota baru ini.

Adapun dana tersebut terbagi atas 6 paket dari Ditjen Sumber Daya Air dengan nilai kontrak Rp42,8 miliar, 8 paket dari Ditjen Bina Marga dengan nilai Rp4,599 triliun, 4 paket dari Rp111,9 miliar dan 1 paket dari Ditjen Perumahan dengan nilai Rp567 miliar.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Apartheid Gender Versi Taliban, Masuk Kategori Kejahatan Kemanusiaan?

Taliban melarang para gadis remaja bersekolah, para pegawai perempuan dilarang untuk bekerja dan para wanita dipaksa menikah dengan pria tua

Context.id | 21-06-2024

Mobil Listrik Ferrari Dilego Rp8,8 Miliar

Model EV kedua besutan Ferrari akan segera menyusul untuk diluncurkan

Noviarizal Fernandez | 21-06-2024

Dijadikan Guyonan Imbas Izin Tambang, Ini Sejarah Terbentuknya Lambang NU

Logo NU merupakan hasil buah tangan dari K.H. Ridwan Abdullah ulama yang juga memiliki kemampuan dalam bidang seni, terutama menggambar dan melukis

Context.id | 21-06-2024

Pengaruh Keju Bagi Kesehatan Mental

Responden yang memiliki kesehatan mental dan ketahanan terhadap stres kuat diduga banyak mengonsumsi keju

Context.id | 20-06-2024