Stories - 27 September 2022

Proyek Pengerjaan Infrastruktur IKN Resmi Dimulai!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proses pembangunan proyek di IKN sudah resmi dimulai.


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proses pembangunan proyek di IKN sudah resmi dimulai, Senin (26/9/2022). - Antara -

Context.id, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proses pembangunan proyek di IKN sudah resmi dimulai. 

“Sudah (mulai konstruksi),” ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, kepada Bisnis, pada Senin (26/9/2022).

Danis menyatakan bahwa proses konstruksi di IKN Nusantara akan dilakukan secara bertahap. Adapun proses konstruksi yang telah dimulai adalah pemetaan lahan dan proyek jalan.

Namun uniknya, proses konstruksi proyek ini tidak dimulai dengan acara seremonial ataupun groundbreaking. 

Diketahui, hal ini juga sesuai dengan instruksi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pasalnya pada pekan lalu, Basuki menyatakan bahwa proses konstruksi infrastruktur dasar di IKN Nusantara dapat dimulai pada akhir pekan lalu, setelah pihaknya telah selesai mengumpulkan penyedia jasa dan mendapatkan tender. 

“Saya minta paling lambat akhir pekan ini mulai bekerja,” ujar Basuki. 

 

Berapa Biaya Pembangunan IKN?

Diketahui, Kementerian PUPR menggelontorkan anggaran sebesar Rp5,3 triliun untuk memulai pembangunan infrastruktur tahap pertama di ibukota baru ini.

Adapun dana tersebut terbagi atas 6 paket dari Ditjen Sumber Daya Air dengan nilai kontrak Rp42,8 miliar, 8 paket dari Ditjen Bina Marga dengan nilai Rp4,599 triliun, 4 paket dari Rp111,9 miliar dan 1 paket dari Ditjen Perumahan dengan nilai Rp567 miliar.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024