Stories - 22 September 2022

Kekeringan di Tanduk Afrika, Terparah 40 Tahun Terakhir

Wilayah tanduk Afrika sedang mengalami kekeringan terburuk dalam 40 tahun terakhir akibat perubahan cuaca.


Wilayah tanduk Afrika sedang mengalami kekeringan terburuk dalam 40 tahun terakhir akibat perubahan cuaca. - AMISOM Public Information -

Context.id, JAKARTA - Wilayah tanduk Afrika sedang mengalami kekeringan terburuk dalam 40 tahun terakhir akibat perubahan cuaca. Pasalnya, sejumlah ahli menyatakan bahwa kawasan yang berada di timur Afrika itu diprediksi kembali gagal mengalami musim hujan untuk kelima kalinya. 

Alhasil, sejumlah negara yang berada di wilayah tersebut, seperti Somalia diprediksi oleh PBB akan mengalami kelaparan, yang mungkin akan lebih parah dibandingkan oleh bencana kelaparan pada 2011 silam.

Diketahui, musibah kelaparan pada 2011 telah menewaskan lebih dari 25 persen warga Somalia, yang separuh dari jumlah tersebut adalah perempuan dan anak-anak.

“Sekarang ini saatnya mengambil tindakan,” ujar seorang utusan khusus Somalia di bidang kekeringan, Abdirahman Abdishakur Warsame dalam sidang umum PBB. 

Senada, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres juga menyatakan bahwa hal ini merupakan bencana kemanusiaan dan bukan sebuah peristiwa yang dilebih-lebihkan. 

Maka dari itu, Antonio juga mengajak negara-negara PBB untuk turut membantu para masyarakat di semenanjung Afrika tersebut. “Jika kita bertindak sekarang, maka kita bisa mencegah hal yang buruk terjadi,” ujar Antonio.


Negara-negara Sudah Menyalurkan Bantuan

Sejumlah negara di dunia, seperti Italia, Inggris, dan Qatar sudah berjanji untuk menyalurkan dana ratusan dolar sebagai dana bantuan tambahan untuk masyarakat di wilayah tanduk Afrika ini. 

Selain itu, Kepala Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat, Samantha Power menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan pendanaan sebesar USD 151 juta atau senilai Rp2,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan yang ada di Somalia.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024