Stories - 20 September 2022

Presiden Erdogan Ingin Turki Gabung Aliansi Rusia-China

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berencana untuk bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) yang di dalamnya terdapat Rusia dan China.


Presiden Rusia Vladimir Putin bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. -Bloomberg-

Context, JAKARTA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berencana untuk bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) yang di dalamnya terdapat Rusia dan China. Hal ini diungkapkan langsung oleh Erdogan ketika dirinya menghadiri KKT SCO di Uzbekistan pada Jumat (16/9/2022).

Dilansir Bloomberg, dalam KTT yang dihadiri Erdogan tersebut, ia juga sempat melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping. Jika tawarannya untuk bergabung dengan SCO, maka Turki akan menjadi negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pertama yang menjalin aliansi dengan Rusia dan China.

Keputusan yang dilakukan Turki sebagai anggota NATO ini cukup berani. Pasalnya, akhir-akhir ini hubungan antara NATO dengan Rusia yang merupakan anggota SCO sedang tidak baik-baik saja. Terutama, disebabkan oleh invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Erdogan juga mengatakan bahwa bergabungnya Turki dengan SCO akan mempererat hubungan Turki dengan negara-negara anggota SCO. 

“Hubungan kami dengan negara-negara ini akan dipindahkan ke posisi yang jauh berbeda dengan langkah ini [bergabung ke SCO],” ujar Erdogan.


Sudah Berafiliasi dengan SCO Sejak 2013

Sebelumnya, Turki merupakan mitra dialog dari SCO yang beranggotakan Rusia, China, India, Pakistan, Kirgistan, Tajikistan, Kazakhstan, Uzbekistan, dan yang terbaru Iran.

Tapi, pada saat Turki menghadiri KTT SCO di Uzbekistan beberapa waktu lalu, Presiden Erdogan mengungkapkan bahwa ia ingin terjun lebih dalam di SCO, yaitu menjadi anggotanya. 

Profesor Hubungan Internasional Cagri Erhan menyebutkan bahwa langkah yang dilakukan Turki kali ini adalah untuk menunjukkan posisinya di tengah panasnya situasi geopolitik dunia. “Apa yang dilakukan Ankara tidak mengejar alternatif ke Barat, tetapi membangun hubungan yang seimbang dengan seluruh dunia,” kata Cagri.

Dengan bergabungnya Turki dengan SCO, negara dua benua tersebut akan lebih mudah untuk mencapai tujuan-tujuan internasionalnya. Seperti salah satunya, keinginan untuk dihentikannya serangan Rusia di Ukraina. 

Pada saat KTT SCO di Uzbekistan tersebut, Erdogan juga telah mencoba untuk membujuk Putin untuk melakukan pembicaraan gencatan senjata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Turki.

"Kami melakukan upaya untuk menyelesaikan konflik di Ukraina melalui diplomasi sesegera mungkin," kata Erdogan dikutip trtworld.com.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024