Stories - 19 September 2022

Daftar Tamu di Pemakaman Ratu Elizabeth, Jokowi Ada?

Acara pemakaman Ratu Elizabeth II akan dihadiri oleh sejumlah tokoh-tokoh besar di Inggris dan seluruh dunia.


Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II. -Bloomberg-

Context, JAKARTA - Setelah menjalani proses yang panjang selama kurang lebih 10 hari, Ratu Elizabeth II akhirnya dimakamkan pada hari ini, Senin (19/9/2022) waktu Inggris. Acara pemakamannya akan dihadiri oleh sejumlah tokoh-tokoh besar di Inggris dan seluruh dunia.

Nantinya, jenazah mendiang Ratu Elizabeth II dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey yang memiliki kapasitas sebesar 2.200 orang. Di sini lah para tamu undangan akan mengikuti upacara pemakaman Ratu Elizabeth II. Dilansir dari Bisnis, sekitar 500 kepala negara dan pejabat asing diundang.

Berikut daftar tamu undangan pemakaman Ratu Elizabeth II:


Keluarga Kerajaan Inggris

Keluarga kerajaan adalah kelompok tamu yang sudah pasti akan diundang dalam upacara pemakaman. Anggota kerajaan yang akah hadir tersebut termasuk Raja Charles III dan Permaisuri Camilla, kemudian tiga anak ratu Elizabeth yang terdiri dari Putri Anne dan Pangeran Andrew beserta pasangan, serta mantan istri Andrew, Sarah Ferguson.

Selain itu, hadir juga cucu sang ratu termasuk Pangeran William, Harry, Putri Beatrice, Eugenie, Zara Tindall, Peter Philips, Lady Windsor, dan James. Kemudian Viscount Severn bersama pasangan, dan 12 cicit ratu yang dua di antaranya adalah Pangeran George dan Putri Charlotte.

Kemudian, keluarga kerajaan lainnya yang juga diharapkan hadir adalah Duke of Kent, Pangeran dan Putri Michael dari Kent, Putri Alexandra dan Pangeran Richard, serta Duke of Gloucester.


Keluarga Kerajaan Lain

Pada upacara pemakaman ini, keluarga kerajaan lain di seluruh dunia juga diundang. Antara lain adalah Raja Belgia Philippe, Raja Belanda Willem-Alexander, Raja Spanyol Felipe, dan keluarga kerajaan Eropa lainnya termasuk Norwegia, Swedia, enmark, dan Monako.

Kemudian, Kaisar Jepang Naruhito, Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyel Wangchuk, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Raja Yorgania Abdullah, Pangeran Liechtenstein Alois, Waja Lesotho Letsie III, dan Putra Mahkota Kuwait Sheijh Meshal al-Ahmad al-Sabah.

Selain itu, diundang juga pemimpin kerajaan Luksemburg, Malaysia, Monako, Maroko, Oman, Qatar, dan Tonga.


Pemimpin Dunia

Perdana Menteri Inggris Lizz Truss dipastikan akan hadir. Selain Lizz, pemimpin Eropa lainnya juga diundang di antaranya adalah Presiden Macron dari Prancis, Presiden Sergio Mattarella dari Italia, Presiden Frank-Walter Steinmeier dari Jerman, dan Presiden Ursula von der Leyen dari Komisi Eropa.

Selain nama-nama di atas, dilansir Tempo, diundang juga pemimpin lainnya dari negara Amerika Serikat, Irlandia, Austria, Israel, Brasil, Finlandia, Namibia, Korea Selatan, Hongaria, Latvia, Lituania, Polandia, Turki, dan 13 negara lainnya yang tergabung dalam persemakmuran.

Dalam daftar tamu undangan tersebut, tidak terlihat nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Indonesia. Hingga saat ini juga belum ada rencana keberangkatan Jokowi ke Inggris untuk menghadiri pemakaman ratu.

Selain itu, nama Vladimir Putin juga tidak ada. Hal ini berkaitan dengan invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina. Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan tidak dapat hadir karena perang. Selain itu, Presiden China Xi Jinping juga menerima undangan. Namun, kehadirannya ditolak oleh beberapa anggota parlemen Inggris.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Makna Simbolis dari Penetapan Hari Buku Sedunia

Raja Alfonso XIII dari Spanyol punya peran besar dalam menetapkan tanggal peringatan hari buku sedunia

Context.id | 23-04-2024

Pertama dalam Sejarah, Dissenting Opinion dalam Sidang Sengketa Pilpres

Tiga orang hakim MK menyampaikan dissenting opinion dari mayoritas hakim lainnya terkait putusan MK soal sengketa pilpres.

Context.id | 23-04-2024

Anak Muda Jepang Ogah Beli Mobil, Kenapa?

Tren penurunan pembelian mobil oleh anak muda disebut Wakamono no Kuruma Banare atau pemisahan generasi muda dari mobil.

Context.id | 23-04-2024

Pulau Tenerife Overtourism, Penduduk Lokal Gelar Demo

Pembangunan besar-besaran merugikan masyarakat dan memperburuk masalah seperti ketersediaan air dan kerusakan alam r n

Context.id | 23-04-2024