Stories - 16 September 2022

Anies Siap Nyapres, Bakal Jadi Rebutan Nasdem dan PKS?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya memantapkan dirinya untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pemilu 2024.


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat berfoto bersama masyarakat di Kota Tua, Jakarta Utara. - Antara -

Context.id, JAKARTA - Pemilu 2024 memang masih dua tahun lagi, tetapi persiapannya sudah semakin intensif. Nama-nama besar di negara ini sudah mulai menunjukkan giginya dan menyatakan kesiapannya, termasuk Anies Baswedan.

Pada Kamis (15/9/2022), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa dirinya siap maju seagai calon presiden dalam Pemilu 2024. Namun seperti yang diketahui, bahwa Anies merupakan kandidat independen yang tidak memiliki partai.

“Saya siap maju sebagai presiden jika ada partai yang menominasikan saya,” ujar Anies.

Mendengar hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Ahmad Ali langsung menyatakan kesiapannya untuk mengusung Anies dalam partainya. 

Menurutnya, Anies menarik untuk diusung karena capaiannya kala menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Selain itu, hasil survei terhadap elektabilitas Anies menjadi nilai tambah tersendiri untuk mengusung gubernur DKI Jakarta ini sebagai capres. 

Apalagi menurut Ahmad, gubernur DKI Jakarta ini merupakan deklarator ormas Nasional Demokrat yang menjadi cikal bakal Partai Nasdem. “Artinya, Anies sangat memahami visi dari partai ini karena dia jadi salah satu deklarator Ormas NasDem yang berubah jadi partai,” ujar Ali kepada Tempo, pada Kamis (15/9/2022).

Diketahui, nama Anies memang sudah berulang kali disebut-sebut sebagai bakal calon dari Partai Nasdem, selain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Bahkan ketiganya telah diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dalam rapat kerja nasional (Rakernas) pada Juni lalu. 

“Anies sudah digandeng oleh NasDem, sudah jadi putusan rakernas,” ujar Ali. 


Anies Juga Dekat dengan PKS

Beberapa waktu lalu, terdengar kabar bahwa Anies Baswedan juga akrab dengan sejumlah elit politik dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pasalnya, gubernur DKI Jakarta ini juga kerap datang dalam acara besar PKS, mulai dari Milad ke-20 PKS dan HUT ke-77 RI oleh PKS.

Diketahui, PKS bahkan sempat merekomendasikan nama Anies kepada Majelis Syura PKS.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Tingkatkan Layanan Kesehatan Tak Cukup Dengan Penambahan SDM

Sub sistem tersebut berupa upaya, fasilitas, logistik dan obat-obatan, pembiayaan, serta SDM

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024