Stories - 14 September 2022

Masjid di India Muncul Kembali usai 30 Tahun Tenggelam

Sebuah masjid berumur ratusan tahun di India muncul kembali setelah 30 tahun lamanya tenggelam di sebuah bendungan.


Sebuah masjid di India yang muncul kembali setelah 30 tahun tenggelam. -Top Urdu-

Context, JAKARTA - Sebuah masjid berumur ratusan tahun di India muncul kembali setelah 30 tahun lamanya tenggelam di sebuah bendungan. Kekeringan yang terjadi di India telah membuat air bendungan menyusut secara signifikan.

Kemunculan masjid di tengah-tengah bendungan yang kering telah menarik perhatian banyak orang. Karena penasaran, banyak orang yang datang mendekati masjid tersebut dari dekat, meskipun tanah di sekitarnya basah dan berlumpur.

Masjid yang kini sedang dibicarakan orang banyak ini, disebut oleh penduduk setempat sebagai Masjid Noori. Dilansir dari newsweek.com penduduk sekitar menjelaskan bahwa masjid tersebut sudah tenggelam sejak 1985, pada saat Bendungan Phulwaria dibangun. 

Pada saat bendungan yang dibuat untuk pertanian dan memasok air ke desa-desa dibangun, masyarakat yang tinggal di sekitarnya dievakuasi. Saat evakuasi dilakukan, beberapa bangunan, termasuk masjid dibiarkan, hingga akhirnya tenggelam.

Setelah bendungan sudah terisi air, kadang-kadang masjid memang bisa terlihat. Namun, hanya bagian ujungnya saja, tidak sepenuhnya seperti sekarang saat air bendungan menyusut.


Berusia Ratusan Tahun

Masjid yang muncul kembali ke permukaan diperkirakan berasal dari tahun 1900-an, atau lebih tepatnya lagi berusia 120 tahun. Perkiraan-perkiraan tersebut dilihat berdasarkan arsitektur masjidnya. 

Dilihat dari video yang diunggah oleh seorang youtuber bernama Manmauji Baba, masjid terlihat berwarna coklat tua di bagian bawah dan memudar menjadi coklat muda di bagian atas. Selain itu, masjid ini memiliki tiga pintu masuk utama yang berbentuk gapura khas masjid pada umumnya, serta tiga kubah yang berada di atas. Selain itu, masjid ini juga memiliki delapan menara yang menempel dan mengitari bangunan utama masjid. 

Saat ini, di India memang sedang mengalami kekeringan yang cukup parah. Dilansir dari miamiherald.com, wilayah Bihar mengalami penurunan curah hujan sebanyak 40 persen. Kekeringan yang diperkirakan jadi salah satu yang terparah dalam 50 tahun terakhir itu lah yang membuat bendungan dengan jutaan liter air tersebut menyusut.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024