Stories - 12 September 2022

Mengulik PTPP, Emiten BUMN yang Memenangkan Tender IKN

PTPP bersama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) telah memenangkan tender 2 ruas jalan tol.


Warga melintas di dekat logo PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) di Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022). - Bisnis Indonesia -

Context.id, JAKARTA - Kabar pembangunan ibukota baru (IKN) sudah tersebar seantero negeri, termasuk ke telinga para perusahaan konstruksi.

Maka dari itu, para emiten-emiten konstruksi berlomba-lomba untuk memenangkan tender pembangunan, tak terkecuali perusahaan plat merah karya, PT PP (Persero) Tbk. (PTPP).

Diketahui, PTPP bersama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) telah memenangkan tender 2 ruas jalan tol.

Proyek tersebut adalah pembangunan jalan tol menuju IKN segmen KKT Kariangau-Tempadung yang senilai Rp1,9 triliun serta jalan tol IKN segmen Tempadung-Jembatan Pulau Balang yang seharga Rp2,1 triliun.

Selain itu, PTPP juga sedang berencana untuk mengikuti tender proyek IKN di sektor gedung dan infrastruktur. Pasalnya menurut PTPP, pihaknya cukup siap untuk menggarap proyek pembangunan IKN.

Dilansir dari Bisnis, PTPP merupakan BUMN konstruksi yang telah memiliki berbagai pengalaman. PTPP juga telah mempersiapkan segala sesuatu tentang kontruksi, mulai dari penyiapan SDM unggul, menyediakan material serta sarana prasarana yang memadai, dan juga kebutuhan dana.

Namun kalau membicarakan dana, sebenarnya PTPP sudah mencatat rapor yang cukup baik sepanjang tahun lalu. Diketahui, pendapatan usaha yang didapatkan sepanjang 2021 mencapai Rp16,76 triliun.

Sedangkan laba tahunan yang disetorkan pada entitas induk perusahaan konstruksi ini mencapai Rp265.97 miliar pada tahun 2021. Angka inipun naik 62,1 persen, dari nominal sebelumnya sebesar Rp164 miliar.

Tak heran, emiten yang sempat menduduki kursi LQ45 di semester lalu, sahamnya sudah menguat 5,24 persen pada satu bulan terakhir dan mengungguli emiten plat merah konstruksi lainnya, PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA).


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024