Stories - 12 September 2022

Mengulik PTPP, Emiten BUMN yang Memenangkan Tender IKN

PTPP bersama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) telah memenangkan tender 2 ruas jalan tol.


Warga melintas di dekat logo PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) di Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022). - Bisnis Indonesia -

Context.id, JAKARTA - Kabar pembangunan ibukota baru (IKN) sudah tersebar seantero negeri, termasuk ke telinga para perusahaan konstruksi.

Maka dari itu, para emiten-emiten konstruksi berlomba-lomba untuk memenangkan tender pembangunan, tak terkecuali perusahaan plat merah karya, PT PP (Persero) Tbk. (PTPP).

Diketahui, PTPP bersama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) telah memenangkan tender 2 ruas jalan tol.

Proyek tersebut adalah pembangunan jalan tol menuju IKN segmen KKT Kariangau-Tempadung yang senilai Rp1,9 triliun serta jalan tol IKN segmen Tempadung-Jembatan Pulau Balang yang seharga Rp2,1 triliun.

Selain itu, PTPP juga sedang berencana untuk mengikuti tender proyek IKN di sektor gedung dan infrastruktur. Pasalnya menurut PTPP, pihaknya cukup siap untuk menggarap proyek pembangunan IKN.

Dilansir dari Bisnis, PTPP merupakan BUMN konstruksi yang telah memiliki berbagai pengalaman. PTPP juga telah mempersiapkan segala sesuatu tentang kontruksi, mulai dari penyiapan SDM unggul, menyediakan material serta sarana prasarana yang memadai, dan juga kebutuhan dana.

Namun kalau membicarakan dana, sebenarnya PTPP sudah mencatat rapor yang cukup baik sepanjang tahun lalu. Diketahui, pendapatan usaha yang didapatkan sepanjang 2021 mencapai Rp16,76 triliun.

Sedangkan laba tahunan yang disetorkan pada entitas induk perusahaan konstruksi ini mencapai Rp265.97 miliar pada tahun 2021. Angka inipun naik 62,1 persen, dari nominal sebelumnya sebesar Rp164 miliar.

Tak heran, emiten yang sempat menduduki kursi LQ45 di semester lalu, sahamnya sudah menguat 5,24 persen pada satu bulan terakhir dan mengungguli emiten plat merah konstruksi lainnya, PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA).


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Tuai Pro-Kontra, Parlemen Swedia Sahkan Revisi UU Pergantian Kelamin

Parlemen Swedia telah mengesahkan revisi undang-undang baru yang memudahkan seseorang untuk mengubah jenis kelamin mereka

Context.id | 19-04-2024

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024