Stories - 12 September 2022

Pemakaman Ratu Elizabeth Jadi Hari Libur Nasional

Pemakaman Ratu Elizabeth II yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 19 September 2022 nanti akan ditetapkan sebagai hari libur nasional.


Raja Charles III saat dikukuhkan sebagai raja baru Inggris. -Bloomberg-

Context, JAKARTA - Pemakaman Ratu Elizabeth II yang akan diselenggarakan pada hari Senin, (19/9) mendatang akan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Tujuannya, agar seluruh masyarakat dapat memberikan penghormatan terakhirnya pada sang ratu.

Hari libur nasional ini juga disebut sebagai hari libur bank, yaitu hari libur nasional yang dilakukan di Inggris Raya, Republik Irlandia, dan negara bekas jajahan Kerajaan Inggris.

“Hari libur bank akan menjadi momen nasional yang unik, dan kami akan mendorong pengusaha untuk menanggapi secara sensitif permintaan dari pekerja yang ingin mengambil cuti,” tulis pernyataan pemerintah Inggris melalui laman resminya, gov.uk.

Tapi yang menjadi masalah, dalam undang-undang yang berlaku di Inggris, hari libur bank ini tidak mewajibkan perusahaan untuk memberikan hak cuti kepada para pekerjanya. Maka dari itu, pemerintah Inggris meminta agar perusahaan di Inggris Raya, Republik Irlandia, dan negara persemakmuran lainnya untuk mengedepankan momen berkabung sehingga bisa memberikan hak cuti kepada para pekerjanya.

“Pemerintah tidak dapat ikut campur dalam pengaturan kontrak yang ada antara pengusaha dan pekerja. Namun, kami berharap banyak pekerja akan dapat mengambil cuti pada hari libur bank. Kami juga mengharapkan petinggi perusahaan untuk menanggapi secara sensitif permintaan dari pekerja yang ingin mengambil cuti pada hari pemakaman,” jelas pemerintah Inggris.


Tidak 100 Persen Diliburkan

Selain perkantoran, sekolah, toko, dan layanan pos juga diminta untuk ditutup. Tetapi, dilansir dari Telegraph. kemungkinan besar pada hari libur bank nanti, sebagian toko akan ada yang buka untuk melayani masyarakat yang sedang berkabung. 

Untuk sekolah, kegiatan belajar tatap muka juga akan dihentikan. Tapi meskipun begitu, beberapa pendidikan lainnya disarankan untuk tetap dijalankan. 

“Sekolah dan pengaturan pendidikan lanjutan harus tetap terbuka. Sementara untuk kehadiran tatap muka, kepala sekolah tetap memiliki wewenang untuk mengizinkan cuti bagi siswa dalam kejadian luar biasa ini,” ujar salah seorang pejabat dari departemen terkait.


Disetujui Raja Charles III

Sebelumnya, tidak jelas apakah akan ada hari libur nasional pada hari pemakaman Ratu Elizabeth II. Tapi, Charles telah mengkonfirmasi dan mengeluarkan perintah untuk diadakan hari libur bank ketika ia melakukan pertemuan dengan Dewan Penasihat.

Pada saat itu, dikutip dari The Guardian, Ketua Dewan Penasihat Penny Mordaunt mengatakan “Draf dua proklamasi. Satu, menetapkan hari pemakaman kenegaraan mendiang Yang Mulia sebagai hari libur bank di Inggris, Wales dan Irlandia Utara,”

“Dua, menetapkan hari pemakaman kenegaraan Yang Mulia sebagai hari libur bank di Skotlandia,” setelah itu, Raja Charles pun menjawab “Disetujui”.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Konflik Iran-Israel Bebani Pemerintahan Prabowo

Bagi presiden baru kondisi global yang penuh ketidakpastian bisa menghambat kebijakan ekonominya

Noviarizal Fernandez | 18-04-2024

Lawan Akun Bot, X Berlakukan Biaya Bagi Pengguna Baru

Seluruh akun baru di X diwajibkan untuk membayar ‘biaya kecil’ yang disebut oleh Elon sebagai bentuk verifikasi

Context.id | 18-04-2024

Tren Properti Indonesia, China dan Hongkong dari Selangit hingga Diobral

Harga properti Indonesia, China, dan Hongkong mengalami berbagai sentimen di tengah gejolak ekonomi global

Ririn oktaviani | 18-04-2024

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Memicu Depresi, Kenapa?

Data Kemenkes RI per Maret 2024 mencatat sebanyak 22,4 % atau sekitar 2.716 calon dokter spesialis mengalami gejala depresi akibat PPDS.

Context.id | 18-04-2024