Stories - 08 September 2022

Resmi Dirilis! Ini Perbandingan iPhone 14 dan 13

IPhone seri terbaru dari Apple ini memiliki beberapa perbedaan yang mencolok dari seri sebelumnya, salah satunya adalah hilangnya poni khas Apple.


Tampilan iPhone 14 Pro. -Apple-

Context, JAKARTA - Salah satu perusahaan teknologi terbesar, Apple resmi mengeluarkan iphone seri terbarunya, yaitu Iphone 14. Varian yang dikeluarkan mulai dari iphone 14, iPhone 14 plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Berbeda dengan dua seri sebelumnya, kali ini Apple telah menghilangkan varian iPhone mini dalam seri terbarunya. Sebagai gantinya, iPhone mengeluarkan varian terbaru, yaitu iPhone 14 plus. Selain dari variannya, desain di iPhone 14 juga memiliki perubahan, dan yang paling terlihat adalah poni pada iPhone yang sudah dihilangkan.


Perbandingan iPhone 14 dan 13

Dari desainnya, iPhone 14 sekilas terlihat mirip dengan iPhone 14. Melansir dari Tom’s Guide, dua seri tersebut sama-sama menggunakan bahan kaca dan aluminium, serta perisai keramik di kaca depan untuk menambah daya tahan. Selain itu, desain kamera belakangnya juga masih sama, yaitu disusun secara diagonal.

Di bagian depan, iPhone 14 dan 14 plus masih memiliki notch atau poni seperti iPhone 13. Namun, poni tersebut didesain menjadi lebih kecil. Poni khas iPhone tersebut baru dihilangkan pada varian iPhone 14 Pro dan Pro Max. Sebagai gantinya, Apple membuat desain baru yang dinamakan Dynamic Island.

Warna yang dimiliki iPhone 14 juga lebih sedikit dibandingkan iPhone 13. IPhone 14 tersedia dalam warna midnight, starlight, blue, purple, dan (Product) red. Sedangkan iPhone 13 tersedia dalam warna Pink, Blue, Midnight, Starlight, Green dan Red. 

Selain itu, Apple juga telah menambahkan fitur SOS yang lebih canggih pada iPhone 14. Kini, pengguna iPhone 14 tetap bisa meminta bantuan bahkan ketika tidak adanya koneksi internet.

Kemudian, pada seri iPhone 14 yang dikeluarkan di Amerika Serikat (AS), Apple telah meniadakan slot SIM fisik. Berbeda dengan iPhone 13 yang masih memiliki slot SIM, iPhone 14 di AS kini telah dibuat menjadi smartphone khusus eSIM.

Chipset yang dipakai oleh iPhone 14 juga masih sama dengan iPhone 13, yaitu bionik A15. Bedanya, iPhone 14 lebih memilih GPU 5-core untuk meningkatkan kinerja game. Hasilnya, iPhone 14 memiliki rentang baterai yang lebih awet. IPhone 14 bisa bertahan selama 20 jam sembari memutar video, sedangkan iPhone 13 hanya 19 jam.

Perubahan yang paling terlihat ada di dalam kameranya. Pada iPhone 14, Apple meningkatkan beberapa fitur, antara lain dua kamera belakangnya memiliki lensa 12 MP dan aperture f/1.5 yang lebih cepat dan stabilisasi gambar sensor-shift.

Di bagian depan, iPhone 14 memiliki kamera TrueDepth dengan aperture f/1,9 yang sangat membantu dalam cahaya yang rendah, autofocus. Kemudian, dalam fitur video, Apple juga telah meningkatkan stabilisasinya.


Harga iPhone 14

Selain hilangnya poni pada iPhone 14 Pro, hal lain yang mengejutkan para pecinta iPhone adalah harga yang dikeluarkan. Pasalnya, di tengah inflasi dan gangguan pasokan yang sedang terjadi di seluruh dunia, Apple tetap bisa mempertahankan harganya agar tidak naik berkali-kali lipat. 

Sebelumnya, dilansir New York Post, analis Wall Street sempat memperkirakan harga produk-produk iPhone termasuk Apple akan naik, tentunya karena perusahaan tersebut sedang mengalami gangguan rantai pasokan.

Tapi kenyataannya, pada peluncuran iPhone 14, CEO Apple Tim Cook mengumumkan jika harga seri iPhone 14 dijual mulai dari harga US$799 (Rp11,9 juta) hingga US$1.599 (Rp 23,8 juta). Harga ini tidak jauh berbeda dengan harga iPhone 13 waktu pertama kali dirilis, yaitu seharga US$829 (Rp11,8 juta). 

Dilansir dari The Federal, harga yang iPhone yang tidak meroket tersebut atas pertimbangan prospek penjualan smartphone yang meredup di seluruh dunia. Sebelumnya, perusahaan riset International Data Corp telah memprediksi akan ada penurunan pengiriman smartphone pada 2022 sebesar 6,5 persen. 

Untuk mempertahankan konsumennya yang telah membatasi pengeluaran mereka akibat inflasi, Apple mempertimbangkan untuk tetap mempertahankan harga produk mereka pada level yang normal.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Apartheid Gender Versi Taliban, Masuk Kategori Kejahatan Kemanusiaan?

Taliban melarang para gadis remaja bersekolah, para pegawai perempuan dilarang untuk bekerja dan para wanita dipaksa menikah dengan pria tua

Context.id | 21-06-2024

Mobil Listrik Ferrari Dilego Rp8,8 Miliar

Model EV kedua besutan Ferrari akan segera menyusul untuk diluncurkan

Noviarizal Fernandez | 21-06-2024

Dijadikan Guyonan Imbas Izin Tambang, Ini Sejarah Terbentuknya Lambang NU

Logo NU merupakan hasil buah tangan dari K.H. Ridwan Abdullah ulama yang juga memiliki kemampuan dalam bidang seni, terutama menggambar dan melukis

Context.id | 21-06-2024

Pengaruh Keju Bagi Kesehatan Mental

Responden yang memiliki kesehatan mental dan ketahanan terhadap stres kuat diduga banyak mengonsumsi keju

Context.id | 20-06-2024