Stories - 01 September 2022

Dikira Bakal Naik, Harga BBM jadi Turun!

Sempat diisukan naik, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina malah turun per hari ini (1/9/2022).


Sejumlah pengendara sepeda motor antre mengisi BBM jenis pertalite di SPBU Krapyak, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (31/8/2022) malam. -Antara-

Context, JAKARTA - Sempat diisukan naik, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina malah turun per hari ini (1/9/2022). Lebih tepatnya, yang mengalami penurunan harga adalah BBM nonsubsidi seperti Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Berdasarkan laman MyPertamina,  harga BBM Pertamax Turbo yang tadinya seharga Rp17.900 per liter, kini menjadi Rp15.000 per liter. Kemudian harga Dexlite yang tadinya seharga Rp17.800 per liter, turun menjadi Rp17.100 per liter. Lalu untuk Pertamina Dex yang sebelumnya seharga Rp18.900, kini turun menjadi Rp17.400 per liter.

Dilansir dari Bisnis, langkah ini diambil menyusul adanya tren penurunan harga minyak mentah dunia pada perdagangan awal bulan ini. Seperti yang ditunjukan oleh harga minyak mentah Brent yang mengalami penurunan sebesar 2,84 persen ke angka US$96,49 per barel untuk pengiriman November.

“Penyesuaian harga BBM Pertamax Turbo dan Dex Series merupakan komitmen Pertamina untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Sekaligus, sebagai upaya kami mendorong masyarakat untuk dapat menggunakan produk-produk BBM Pertamina yang berkualitas dengan nilai angka oktan dan cetane yang tinggi,” jelas Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting.

Sedangkan, harga BBM subsidi seperti Pertalite, Solar, dan harga BBM Pertamax yang sebelumnya diisukan bakal naik per 1 September 2022, nyatanya belum mengalami kenaikan. Di laman resminya, Pertamina masih mencatat harga Pertalite di angka Rp7.650 per liter, dan harga Pertamax masih di angka Rp12.500 per liter.

Menanggapi hal ini, Irto juga mengatakan jika per hari ini harga BBM subsidi memang belum akan naik. “Kami masih menunggu arahan dari pemerintah,” kata Irto. 


Masyarakat Sempat Panic Buying

Mendengar kabar di media sosial mengenai rencana kenaikan BBM per 1 September 2022, banyak masyarakat yang panic buying sehari sebelumnya (31/8/2022). Beberapa SPBU Pertamina terlihat dipenuhi oleh masyarakat yang sedang antre membeli Pertalite.

Di media sosial Twitter, banyak warganet yang membagikan pengalamannya dalam mengantre atau pun menyaksikan antrean panjang di SPBU. Seperti unggahan salah satu pengguna Twitter dengan username @ardiansyah2404.

“SPBU jam segini masih antre. Biasanya sudah sepi. Antrean menjelang kenaikan BBM mulai besok.” tulisnya sambil membagikan video antrean masyarakat di SPBU pada sekitar jam 23:00 malam.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Teknologi Digital dan Solusi Perubahan Iklim

Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalisir dampak perubahan iklim

Context.id | 01-03-2024

Ketika Raksasa OTT Saling Klaim Istilah Local Pride

Platform over the top (OTT) konten video streaming saling bersaing menguasai pasar Indonesia, salah satunya dengan embel-embel konten lokal.

Noviarizal Fernandez | 01-03-2024

Tolak Usul Prancis, Anggota NATO Enggan Masuk Wilayah Ukraina

Usulan Presiden Prancis agar pasukan NATO memasuki wilayah Ukraina untuk ikut memerangi Rusia mendapat penolakan keras dari negara-negara anggota ...

Context.id | 29-02-2024

Kans Indonesia Gabung Klub Negara Maju

Indonesia masih punya waktu 2-3 tahun untuk menyelesaikan proses menjadi anggota OECD

Context.id | 29-02-2024