Stories - 01 September 2022

Dikira Bakal Naik, Harga BBM jadi Turun!

Sempat diisukan naik, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina malah turun per hari ini (1/9/2022).


Sejumlah pengendara sepeda motor antre mengisi BBM jenis pertalite di SPBU Krapyak, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (31/8/2022) malam. -Antara-

Context, JAKARTA - Sempat diisukan naik, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina malah turun per hari ini (1/9/2022). Lebih tepatnya, yang mengalami penurunan harga adalah BBM nonsubsidi seperti Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Berdasarkan laman MyPertamina,  harga BBM Pertamax Turbo yang tadinya seharga Rp17.900 per liter, kini menjadi Rp15.000 per liter. Kemudian harga Dexlite yang tadinya seharga Rp17.800 per liter, turun menjadi Rp17.100 per liter. Lalu untuk Pertamina Dex yang sebelumnya seharga Rp18.900, kini turun menjadi Rp17.400 per liter.

Dilansir dari Bisnis, langkah ini diambil menyusul adanya tren penurunan harga minyak mentah dunia pada perdagangan awal bulan ini. Seperti yang ditunjukan oleh harga minyak mentah Brent yang mengalami penurunan sebesar 2,84 persen ke angka US$96,49 per barel untuk pengiriman November.

“Penyesuaian harga BBM Pertamax Turbo dan Dex Series merupakan komitmen Pertamina untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Sekaligus, sebagai upaya kami mendorong masyarakat untuk dapat menggunakan produk-produk BBM Pertamina yang berkualitas dengan nilai angka oktan dan cetane yang tinggi,” jelas Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting.

Sedangkan, harga BBM subsidi seperti Pertalite, Solar, dan harga BBM Pertamax yang sebelumnya diisukan bakal naik per 1 September 2022, nyatanya belum mengalami kenaikan. Di laman resminya, Pertamina masih mencatat harga Pertalite di angka Rp7.650 per liter, dan harga Pertamax masih di angka Rp12.500 per liter.

Menanggapi hal ini, Irto juga mengatakan jika per hari ini harga BBM subsidi memang belum akan naik. “Kami masih menunggu arahan dari pemerintah,” kata Irto. 


Masyarakat Sempat Panic Buying

Mendengar kabar di media sosial mengenai rencana kenaikan BBM per 1 September 2022, banyak masyarakat yang panic buying sehari sebelumnya (31/8/2022). Beberapa SPBU Pertamina terlihat dipenuhi oleh masyarakat yang sedang antre membeli Pertalite.

Di media sosial Twitter, banyak warganet yang membagikan pengalamannya dalam mengantre atau pun menyaksikan antrean panjang di SPBU. Seperti unggahan salah satu pengguna Twitter dengan username @ardiansyah2404.

“SPBU jam segini masih antre. Biasanya sudah sepi. Antrean menjelang kenaikan BBM mulai besok.” tulisnya sambil membagikan video antrean masyarakat di SPBU pada sekitar jam 23:00 malam.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024