Originals - 24 August 2022

Ancaman Jakarta Tenggelam Semakin Dekat...

Beredar isu bahwa beberapa kota di Indonesia akan tenggelam dalam beberapa tahun yang akan datang, termasuk Jakarta.

Context.id, JAKARTA - Jakarta merupakan kota besar yang akan paling cepat menghilang dari muka bumi alias tenggelam. Mengapa bisa begitu?

Diketahui, wilayah Jakarta sudah mengalami penurunan dengan rata-rata 10 cm per tahunnya. Alhasil, dalam 10 tahun terakhir, tanah di Jakarta sudah turun hingga 2,5 meter dan setengah wilayah Jakarta Utara sudah berada di bawah permukaan air laut.

Tak heran, jika Jakarta disebut-sebut akan tenggelam pada tahun 2050.

Menurut berbagai sumber, alasan tenggelamnya Jakarta adalah karena penurunan muka tanah, akibat banyaknya masyarakat atau industri yang mengambil cadangan air di bawah tanah secara berlebihan.

Jadi, cadangan air inilah yang sebenarnya menopang tanah agar tidak turun. Dengan diambilnya air secara masif, maka cadangan air inipun menjadi menipis, dan akhirnya habis. Sehingga lokasi yang awalnya digunakan untuk menampung air pun akhirnya kosong.

Datangnya hujan juga tidak terlalu berpengaruh, karena 97 persen daerah Jakarta sudah ditutup beton dan aspal. Alhasil, air hujan juga tidak bisa masuk ke dalam tanah dan langsung mengalir ke laut.

Pesisir bakau yang fungsinya membantu agar sungai dan kanal tidak terlalu parah saat meluap, juga telah diambil alih masyarakat dengan dibangunnya pemukiman kumuh dan apartemen.

Sedihnya, hal ini menjadi semakin parah dengan kelakuan industri yang secara ilegal menggali sumur untuk kepentingan pribadi.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024

Petaka di Balik Pengeboran Minyak Bumi

Sekitar 10 hari setelah ledakan, minyak sudah mulai terlihat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan terus memburuk setiap harinya.

Noviarizal Fernandez | 26-12-2023

Sampah Plastik Dari Solusi Jadi Masalah

Awalnya, kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan dunia, tapi kemudian menjadi masalah.

Noviarizal Fernandez | 19-12-2023