Stories - 18 August 2022

Profil Farel Prayoga yang Sukses Ambyarkan Istana

Suasana yang tegang nan khidmat di Istana Negara tiba-tiba berubah menjadi meriah dan ambyar berkat seorang penyanyi cilik bernama Farel Prayoga.


Ilustrasi Farel Prayoga. - Puspa Larasati -

Context, JAKARTA - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Istana Negara pada 17 Agustus 2022 kemarin cukup berbeda. Pasalnya, suasana yang tegang nan khidmat tersebut tiba-tiba berubah menjadi meriah dan ambyar berkat seorang penyanyi cilik bernama Farel Prayoga.

Di penghujung acara, Farel Prayoga berhasil mendapatkan simpati penonton akibat aksi yang ia lakukan di Istana Negara. Halaman istana yang tadinya merupakan panggung acara pengibaran bendera, langsung berubah menjadi panggung dangdut dadakan.


Siapa Farel Prayoga?

Farel Prayoga, artis cilik yang telah menghebohkan Istana Negara tersebut masih berusia 12 tahun. Ia lahir pada 8 Agustus 2010 dan saat ini tercatat sebagai siswa kelas 6 SDN 2 Kepundungan, Banyuwangi, Jawa Timur.

Nama dari Farel semakin dikenal oleh banyak orang setelah videonya di TikTok saat menyanyikan lagu Ojo Dibandingke/Mbandingke viral. Hingga saat ini, sound dari videonya yang viral tersebut masih digunakan oleh para pengguna TikTok.

Setelah viral, kini Farel sering tampil dengan artis-artis dari Jawa Timur seperti Vita Alvia, Yeni Inka, Alvi Ananta, Wandra Restusiyan, dan lain sebagainya. Ia juga telah bergabung dengan salah satu label rekaman di Indonesia, Aneka Safari Record.

Ketenarannya tersebut membuat Farel diundang istana untuk menghibur para penonton yang hadir di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan. Pada saat gladi resik, Farel juga sempat bertemu dengan Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menitip pesan agar Farel tidak melupakan pendidikannya. “Nyanyi boleh, tapi jangan lupa belajar, jangan lupa juga sekolah terus sampai setinggi-tingginya,” kata Jokowi dalam postingan instagramnya.

Dilansir dari Solopos, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebutkan bahwa Farel Prayoga diundang secara mendadak. Namun, mendadaknya undangan tersebut masih diterima oleh pihak Farel yang ternyata menjadikannya pusat perhatian di upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara.


Penyanyi Asli Lagu Ojo Dibandingke

Lagu berjudul Ojo Dibandingke adalah lagu yang dilantunkan oleh Farel saat mengisi acara di Istana Negara. Ojo Dibandingke juga merupakan lagu yang membuatnya viral di media sosial. Tapi, ternyata Farel bukan lah penyanyi asli dari lagu tersebut. Selama ini ia hanya mengcover lagunya.

Penyanyi asli sekaligus pencipta dari lagu tersebut adalah Abah Lala. Lagu tersebut juga dipopulerkan oleh Denny Caknan bersama Abah Lala melalui projek featuringnya. Abah Lala atau Agus Purwanto ini adalah seorang musisi yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah.

Lagu yang bertema percintaan ini menurut Abah Lala memiliki makna yang cukup dalam. Yaitu tentang jangan membanding-bandingkan antara satu orang dengan orang lain. Lagu ambyar ini saat dinyanyikan bersama Denny Caknan ternyata telah menarik banyak penggemar. Dari penelusuran Context, hingga saat ini, Ojo Dibandingke sudah ditonton lebih dari 28 juta kali di kanal YouTube.

Tapi, ternyata lagu ini juga tidak kalah ambyar saat dinyanyikan oleh Farel Prayoga. Video penampilan Farel bersama Fita Talia di YouTube dengan lagu ini sudah ditonton oleh lebih dari 21 juta kali.

Pencipta lagu ini, Abah Lala pun terlihat sangat senang saat menyaksikan penampilan Farel di depan Presiden Jokowi. Bahkan dari video yang diunggah di akun Instagramnya, Abah Lala terlihat menangis sambil menyaksikan Farel menyanyikan lagu ciptaannya.

“Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa lagu saya yang berjudul Ojo Dibandingke dinyanyikan di Istana Negara di hari kemerdekaan Indonesia,” ujar Abah Lala. Tak selesai di situ, Abah Lala juga mengucapkan terima kasih kepada Farel karena telah membawakan lagunya di depan Presiden Jokowi.


Dinikmati Artis hingga Pejabat

Lagu Ojo Dibandingke yang dibawakan Farel di Istana Negara tersebut ternyata berhasil menyihir para penonton. Lagu yang dibawakan Farel tersebut telah mengubah suasana khidmat, menjadi konser dangdut dadakan.

Layaknya konser dangdut, para penonton yang terdiri dari selebritis, hingga masyarakat biasa pun turut berjoget. Bahkan, beberapa di antaranya berjoget di “panggung” yang berada di depan Jokowi.

Tidak hanya mereka saja, para pejabat-pejabat pemerintah yang biasanya terlihat serius pun turut berjoget bersama. Mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri, PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Ibu negara Iriana Jokowi pun tidak bisa menahan diri untuk ikut berjoget.

Salah satu tokoh yang menarik perhatian adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Saat itu, ia tidak hanya menikmati lagu dengan berjoget di tempat, namun juga turun ke “panggung” dan berjoget bersama sang penyanyi. Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Prabowo nampak luwes dan sangat menikmati suasana.

Dilansir Tempo, Prabowo mengakui bahwa hal ini adalah pertama kalinya ia berjoget di Istana Negara. Saat ingin turun ke bawah untuk berjoget, ia mengatakan kalau ia juga telah meminta izin kepada Presiden Jokowi.

"Iya (joget) pertama kali di Istana. Beliau (Presiden Jokowi) izinkan hahaha," ujar Prabowo. Selain Prabowo, artis terkenal seperti Reza Rahadian hingga Indra Bekti juga ikut berjoget di “panggung” bersama Farel, pejabat, dan masyarakat lainnya.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Pencemaran Udara Perlu Diiringi Penegakkan Hukum

Penyelesaian persoalan pencemaran udara perlu diiringi dengan penegakkan hukum

Noviarizal Fernandez | 21-09-2023

Polemik Utang Pemerintah ke BUMN

Pemerintah diminta untuk segera membayarkan utang atau tanggungannya kepada BUMN agar tidak mengganggu kinerja perusahaan pelat merah tersebut

Noviarizal Fernandez | 21-09-2023

Kejagung Dalami Korupsi Dana Sawit di BPDPKS

Kerugian negara dalam dugaan korupsi di BPDPKS ini karena ada korporasi yang mendapatkan dana pengembangan biodiesel tapi hasilnya tidak sesuai

Noviarizal Fernandez | 21-09-2023

Kementerian BUMN Gandeng Kejagung Awasi Dana Pensiun

Amburadulnya pengelolaan dana pensiun badan usaha milik negara (Dapen BUMN) yang dapat mengakibatkan kerugian besar menjadi perhatian pemerintah

Noviarizal Fernandez | 21-09-2023